Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kerjasama Siswa SMPN 24 Semarang melalui Model Pembelajaran SSCS
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalahdan kerja sama siswa SMPN 24 Semarang melalui model pembelajaran SSCS pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan.Subyek penelitian adalah kelas VII A yang berjumlah 32 siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan tes. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan, yaitu minimal 75% dari jumlah siswa memenuhi ketuntasan minimal sebesar 71 dan adanya peningkatan kerja sama siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata nilai sebesar 54,09 dengan persentase ketuntasan sebesar 16,00%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh rata-rata nilai sebesar 68,03 dengan persentase ketuntasan sebesar 75,00%. Kerja sama siswa juga terdapat peningkatan. Hal ini terlihat pada persentase silkus 1 sebesar 74,41% dan pada siklus 2 menjadi 84,38%. Dari hasil yang diperoleh dapat diambil simpulan secara khusus bahwa kemampuan pemecahan masalah belum optimal karena belum mencapai indikator keberhasilan, namun secara umum kemampuan pemecahan masalah dan kerja sama siswa SMP N 24 Semarang meningkat melalui model pembelajaran SSCS.
Article Details
References
Mulyana, Y., Priyanto, S. & Dewi, N. Rachmani. (2018). Penerapan Model SSCS untuk Meingkatkan Kemampuan Membuat Model Matematis dan Kerja Sama Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Semarang: 21 Oktober 2017. Hal 225-232.
Rahman, F. (2014). Profil Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kemampuan Matematika.Edumath, 1(1): 65-74.
Yusnaeni & Corebima, A. Duran. (2017). Empowering Students’ Metacognitive Skills on SSCS Learning Model Integrated with Metacognitive Strategy. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(5): 3473-3481