Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Berbasis PPLH Sekolah Berbantuan ICT Dapat Meningkatkan Kreativitas

Main Article Content

Suharti Diah Nugraheni
Zaenuri Zaenuri
Wardono Wardono

Abstract

Matematika merupakan cabang dari displin ilmu yang mempunyai peran  aktif dalam bidang pendidikan, dimana pengembangan konsep materinya tidak dibatasi oleh topik yang dibahas saja melainkan dipadukan dengan pendekatan pembelajaran antar topik atau bahkan dengan bidang studi yang lain sehingga diharapkan dapat meningkatkan potensi siswa baik dalam dimensi sikap, pengetahuan maupun ketrampilan. Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan salah satu pengembangan konsep materi yang   memiliki lima karakteristik, yaitu menggunakan masalah kontekstual, menggunakan model, menggunakan kontribusi siswa, interaktivitas, dan terintegrasi dengan topik lain. Penyajian topik PPLH (Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup) Sekolah merupakan  masalah kontekstual yang berkaitan dengan pelaksanaan program menuju sekolah Adiwiyata. Permasalahan PPLH Sekolah dengan menggunakan pendekatanPBL (Problem Based Learning) diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan kreativitas dalam memecahkan masalah.

Article Details

How to Cite
Nugraheni, S. D., Zaenuri, Z., & Wardono, W. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Berbasis PPLH Sekolah Berbantuan ICT Dapat Meningkatkan Kreativitas. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 148-155. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28902
Section
Articles

References

Akınoğlu O., & Tandoğan R.O., 2007. “The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, Volume 3 No.1. Hal 71-81

Arsyad A., 1997. Media Pengajaran. Jakarta:RajaGrafindo Persada

Borba1 M.C,Askar P. , Engelbrecht J., Gadanidis G. , Llinares S.,&Aguilar M.S. 2016. “Blended learning, e‑learning and mobile learning in mathematics education”. ZDM Mathematics Education, Volume 48. Hal 589-610

Cady J.A, Aydeniz M.,&Rearden K.T. 2011. “E-Learning Environments for Math and Science Teachers”. Journal of Curriculum and Instruction (JoCI), Volume 5No 1. Hal 17-33

Costa L.R.J, Honkala M., &Lehtovuori A., 2007. “Applying the Problem-Based Learning Approach to Teach Elementary Circuit Analysis”. IEEE Transactions on Educatio, Volume 50 No.1. Hal 41-48

Cotton, C.2011. “Problem-Based Learning in Secondary Science”. Issues, Volume 95. Hal. 44-45.

D’Ambrosio & Borba. 2010. “Dynamics of change of mathematics education in Brazil and a scenario of current research”. ZDM Mathematics Education, Volume 42 Hal 271-279

Mitchell, J.E., Canavan, B., &Smith ,J.2010. “Problem-BasedLearninginCommunicationSystems: Student Perceptions and Achievement”. IEEE Transactions on Education, Volume 53 No 4. Hal. 587-594.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Rusman. 2014. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah”. Edutech, volume 1 No 2. Hal 211-230

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer JICA-UPI : Bandung
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Wafik, K. Rochmad. & Adi, N.C. 2013. “Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.UJME, Volume 2No 1. Hal 114-121

Wardono, B Waluya, Kartono, Mulyono & S Mariani. 2018. “Development of innovative problem based learning model with PMRI-scientific approach using ICT to increase mathematics literacy and independence-character of junior high school students”. ICMSE, Volume 983. Hal 1-9

Wardono, S B Waluya, Scolastika Mariani, &S Candra D. 2016. “Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic MathematicsEducation Approach Assisted E-Learning Edmodo”. Journal of Physics:Conference Series, Volume 693. Hal 1-10

Wardono & S Mariani. 2018. “The analysis of mathematics literacy on PMRI learning with media schoology of junior high school students”. Journal of Physics:Conference Series, Volume 983. Hal 1-9