Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Berbasis PPLH Sekolah Berbantuan ICT Dapat Meningkatkan Kreativitas
Main Article Content
Abstract
Matematika merupakan cabang dari displin ilmu yang mempunyai peran aktif dalam bidang pendidikan, dimana pengembangan konsep materinya tidak dibatasi oleh topik yang dibahas saja melainkan dipadukan dengan pendekatan pembelajaran antar topik atau bahkan dengan bidang studi yang lain sehingga diharapkan dapat meningkatkan potensi siswa baik dalam dimensi sikap, pengetahuan maupun ketrampilan. Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan salah satu pengembangan konsep materi yang memiliki lima karakteristik, yaitu menggunakan masalah kontekstual, menggunakan model, menggunakan kontribusi siswa, interaktivitas, dan terintegrasi dengan topik lain. Penyajian topik PPLH (Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup) Sekolah merupakan masalah kontekstual yang berkaitan dengan pelaksanaan program menuju sekolah Adiwiyata. Permasalahan PPLH Sekolah dengan menggunakan pendekatanPBL (Problem Based Learning) diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan kreativitas dalam memecahkan masalah.
Article Details
References
Arsyad A., 1997. Media Pengajaran. Jakarta:RajaGrafindo Persada
Borba1 M.C,Askar P. , Engelbrecht J., Gadanidis G. , Llinares S.,&Aguilar M.S. 2016. “Blended learning, e‑learning and mobile learning in mathematics educationâ€. ZDM Mathematics Education, Volume 48. Hal 589-610
Cady J.A, Aydeniz M.,&Rearden K.T. 2011. “E-Learning Environments for Math and Science Teachersâ€. Journal of Curriculum and Instruction (JoCI), Volume 5No 1. Hal 17-33
Costa L.R.J, Honkala M., &Lehtovuori A., 2007. “Applying the Problem-Based Learning Approach to Teach Elementary Circuit Analysisâ€. IEEE Transactions on Educatio, Volume 50 No.1. Hal 41-48
Cotton, C.2011. “Problem-Based Learning in Secondary Scienceâ€. Issues, Volume 95. Hal. 44-45.
D’Ambrosio & Borba. 2010. “Dynamics of change of mathematics education in Brazil and a scenario of current researchâ€. ZDM Mathematics Education, Volume 42 Hal 271-279
Mitchell, J.E., Canavan, B., &Smith ,J.2010. “Problem-BasedLearninginCommunicationSystems: Student Perceptions and Achievementâ€. IEEE Transactions on Education, Volume 53 No 4. Hal. 587-594.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
Rusman. 2014. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalahâ€. Edutech, volume 1 No 2. Hal 211-230
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer JICA-UPI : Bandung
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Wafik, K. Rochmad. & Adi, N.C. 2013. “Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.UJME, Volume 2No 1. Hal 114-121
Wardono, B Waluya, Kartono, Mulyono & S Mariani. 2018. “Development of innovative problem based learning model with PMRI-scientific approach using ICT to increase mathematics literacy and independence-character of junior high school studentsâ€. ICMSE, Volume 983. Hal 1-9
Wardono, S B Waluya, Scolastika Mariani, &S Candra D. 2016. “Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic MathematicsEducation Approach Assisted E-Learning Edmodoâ€. Journal of Physics:Conference Series, Volume 693. Hal 1-10
Wardono & S Mariani. 2018. “The analysis of mathematics literacy on PMRI learning with media schoology of junior high school studentsâ€. Journal of Physics:Conference Series, Volume 983. Hal 1-9