Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika

Main Article Content

Marica Amalia Dewi
Budiyono Budiyono
Heru Kurniawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara (1) kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika; (2) motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; (3) kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Bener se-banyak 252 dengan sampel sebanyak 63 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan korelasi ganda. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang sedang antara kecerdasan interpersonal dan hasil belajar matematika; (2) ada hubungan yang rendah antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika; (3) ada hubungan yang sedang antara kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar maka semakin baik pula hasil belajar matematikanya.

Article Details

How to Cite
Dewi, M. A., Budiyono, B., & Kurniawan, H. (2019). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 228-233. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28916
Section
Articles

References

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Djamarah, S. B. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sholeh, K. 2016. Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta. Puastaka Pelajar.
Uno, H. B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wati, W. 2010. Strategi Pembelajaran Fisika. Semarang: UNP.
Yaumi, M., & Ibrahim. 2016. Kecerdasan Jamak (Multiple Inteligences). Jakarta: Kharisma Putra Utama.