Media Gambar untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Kelas 1C SLBN Salatiga Dalam Belajar Matematika

Main Article Content

Sri Lestari Wahyu Handayani
Sugiman Sugiman

Abstract

Salah satu jenis ketunaan bagi Anak Penyandang Disabilitas (APD) adalah Tunagrahita. Anak-anak Tunagrahita cenderung memiliki keterlambatan dalam berpikir dan bereaksi. Akibatnya, siswa SLB yang mengalami Tunagrahita, cenderung kurang memiliki daya tarik dalam belajar matematika. Pertanyaan penelitiannya: Bagaimana meningkatkan daya tarik siswa kelas 1C SLBN Salatiga dalam belajar matematika? Metode penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 Siklus. Kegiatan pokok dalam tiap siklusnya: (1) Guru/peneliti merancang dan membuat alat peraga Media Gambar. (2) Guru menerapkan alat peraga Media Gambar  yang sudah dibuat, dalam proses pembelajaran di kelas 1C SLBN Salatiga. (3) Guru memberikan latihan soal matematika berbantuan Media Gambar. (4) Guru memberikan tes matematika berbantuan Media Gambar. (5) Guru/peneliti menganalisis meningkat tidaknya daya tarik siswa kelas 1C dalam belajar matematika. Hasilnya, melalui pemanfaatan alat peraga Media Gambar maka daya tarik siswa Kelas 1C SLBN Salatiga dalam belajar matematika mengalami peningkatan

Article Details

How to Cite
Wahyu Handayani, S. L., & Sugiman, S. (2019). Media Gambar untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Kelas 1C SLBN Salatiga Dalam Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 349-354. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28951
Section
Articles

References

Adebisi, et al. (2015). Using Assistive Technology in Teaching Children with Learning Disabi¬lities in the 21st Century. Journal of Education and Practice. Vol.6, No.24 14-20.
Conklin, Hilary G. (2014). Toward More Joyful Learning: Integrating Play Into Frame¬works of Middle Grades Teaching. American Educational Research Journal. December 2014, Vol. 51, No. 6, pp. 1227–1255. DOI: 10.3102/0002831214549451. (http://aerj.aera.net)
Cross, Christopher T.,Woods, T. A., and Schweingruber, H. (2009). Mathematics Learning in Early Childhood. The National Academies Press: National Research Council of the National Academies: Center for Education Division of Behavioral and Social Sciences and Education.
Cunningham, Christopher. (2015). Imagination: Active in Teaching and Learning. (Thesis). Presented to the Faculty of the Graduate College of the University of Nebraska in Partial Fulfillment of Requirements for the Degree of Master of Arts. University of Nebraska.
Doyran, Feyza. (2012). Research on Teacher Education and Training: An Introduction. ISBN: 978-960-9549-74-5. (https://www.google.co.id/webhp?hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjZ_oud43QAhUFuY8KHZfBDvwQPAgD#hl=en&q=Articles+of+Teacher+Training++for+Elementary+School+pdf)
Hasan, R. O. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Papan Magnetik Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas VI SLB Karya Padang (Single Subject Research di SLB Karya Padang Kelas VI/C1). E-JUPEKhu, 5(2), 115-125
Ismail, A. K, Sugiman, & Hendikawati P. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Group Tournament (TGT) dengan Menggunakan Media “3 in 1” dalam Pembelajaran Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2), 25-32.
Kauffman, J. M., & Hallahan, D. P. (1996). The illusion of full inclusion. Behavioral Disorders, 21(3), 255.
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2011). Panduan Asesmen Matematika untuk Siswa dengan Kesulitan Belajar. Usaid dan Helen Keller Internasioanl Indonesia,14-15
Lersilp, T. (2016). Assistive Technology and Educational Services for Undergraduate Students with Disabilities at Universities in the Northern Thailand. Procedia Environmental Sciences 36. 61– 64
Mariya, D., Zaenuri, Z., & Pujiastuti, E. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model SAVI Berbantuan Alat Peraga terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). 40-47
Obradoviü, et al. (2015). Creative Teaching with ICT Support for Students with Specific Learning Disabilities. Procedia - Social and Behavioral Sciences 203. 291–296
Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa.
Räty, et al. (2016). Teaching Children with Intellectual Disabilities: Analysis of Research-Based Recommendations. Journal of Education and Learning; Vol. 5, No. 2. 318-336
Salmi, H and H. Thuneberg. (2015). Mathematical thinking skills, self-concept and learning outcomes of 12-year-olds visiting a Mathematics Science Centre Exhibition in Latvia and Sweden. Journal of Science Communication. 14(04) (2015) A03.
Wei C.W et al. 2011. A Joyful Classroom Learning System with Robot Learning Companion for Children to Learn Mathematics Multiplication. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology – April 2011, volume 10 Issue 2.
Yunianta, T. N. H., Pradhitya, R. F., & Ratu, N. (2017). Profil Berpikir Geometri Siswa Tunagrahita Berdasarkan Tingkatan Van Hiele Di SMPLB Negeri Salatiga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 85-93.