Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping pada materi turunan fungsi melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping tahun ajaran 2014/2015 dan objek penelitiannya adalah peningkatan pemahaman konsep matematika. Desain penelitiannya menggunakan model Spiral dari Kemmis dan Taggart meliputi 4 tahap dalam setiap siklus, yaitu tahap perencanaan (plan), tahap tindakan (act), tahap pengamatan (observe), dan tahap refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes pemahaman konsep matematika, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data kualitatif yaitu wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan menghitung data kuantitatif dengan menggunakan persentase kemampuan pemahaman konsep matematika yaitu hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa dan hasil tes pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran matematika berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan, yaitu pada tes prasiklus nilai rata-rata kelas sebesar 66,81 (kriteria cukup), pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 76,97 (kriteria tinggi) dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 86,83 (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan kegiatan guru terhadap model pembelajaran berbasis masalah meningkat ke kategori tinggi yaitu dari siklus 1 adalah 76,97% ke siklus II adalah 97,5% dan aktifitas belajar siswa meningkat ke kategori tinggi yaitu dari siklus 1 91,07% ke siklus II mencapai 97,62%.
Article Details
References
Kemmis, S. and Taggart, R. Mc. (1988). The Action Research Planner. Victoria : Deakin University Press.
Nurhadi. (2004). Keefektifan Problem Based Learning. Jakarta: Rineka Cipta.