Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning Era Disrupsi

Main Article Content

Mustofa Arifin
Hardi Suyitno
NR Dewi
Wardono Wardono

Abstract

Era disrupsi merupakan era dengan kemajuan teknologi yang maju pesat, banyak sekali permasalahan yang muncul pada siswa. Permasalahan yang muncul ini bervariasi, sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang hadapi. Masalah yang dihadapi siswa di era disrupsi ini adalah kemajuan teknologi yang ada pada saat ini. Kurangnya informasi yang diperoleh siswa tentang kemajuan teknologi, akan membuat siswa mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri terhadap teknologi saat ini. Untuk menghadapi permasalahan ini, maka siswa memerlukan suatu kemampuan yang mampu mendukung dengan baik supaya permasalahan yang sedang dihadapi siswa dapat terselesaikan. Kemampuan yang dimaksud dalam hal ini adalah kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan ini tidak dapat muncul dengan sendirinya, perlu sarana untuk mengasah kemampuan ini agar dapat tumbuh dengan baik. Sarana yang digunakan untuk mengasah kemampuan ini melalui pembelajaran matematika model problem based learning berbantuan mobile learning dan diharapkan memperhatikan terlebih dahulu kemampuan awal siswa dan kecerdasaan yang dimiliki siswa.

Article Details

How to Cite
Arifin, M., Suyitno, H., Dewi, N., & Wardono, W. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning Era Disrupsi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 376-383. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28958
Section
Articles

References

Anazifa, R, D., & Djukri. (2017). Project Based Learning And Problem Based Learning Are They Effective To Improve Student Thinking Skills?. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6 (2): 347 – 355.
Amiluddin, Risnawati., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh Problem Posing Dan PBL Terhadap Prestasi Belajar, Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3 (1) : 100 – 108. (http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm).
Ayele, Mulugeta, Atnafu. (2016). Mathematics Teacers’ Perceptions on Enhancing Students’ Creativity in Mathematics. IEJME – Mathematics Education, 11(10): 3521 – 3536.
Bitter, Gary, Ph.D. & Corral, Allen. (2015). Analysis of Learning Outcomes from Mobile Mathematics Applications. IEJME - Mathematics Education, 12(2): 177 - 190. (http://ijier.net)
Cahyono, Adi, Nur., & Miftahudin. (2018). Mobile Technology In A Mathematics Trail Program: How Does It Works?. Unnes Journal of Mathematics Education, 7 (1): 24-30.
Fatimah, S. (2015). Devoting To Enhance The Critical Thinking Skill And The Creativity Of Students In Seventh Grade Through PBL Model With JAS Approachment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4 (2): 149 – 157.
Gorev, M, Pavel., Masalimova, Alfiya, R., M, Farida, Sh., & Marakova, Elena, V. (2017). Developing Creativity of Schoolchildren through the Course : Developmental Mathematics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(6): 1799 - 1815. (doi: 10.12973/eurasia.2017.00698a atau http://iserjournals.com/journals/eurasia)
Happy, Nurina., & Widjajanti, Djamilah, Bondan. (2014). Keefektifan PBL Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1): 48 - 57.
Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Hudojo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kanandjebo, Leena, Ngonyofi., & Ngololo, Elizabeth, Ndeukumwa. 2017. The Effects of ‘Geometry Sketchpad’ on Grade 12 Learners’ Performance in Geometry. IEJME-Mathematics Education, 12(8): 735-747.
Mahmudi, Ali. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif. (Makalah disajikan pada konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado). Manado: UNIMA.
Merritt, Joi., Lee, Mi Yeon., Rillero, Peter., & Kinach, Barbara, M. (2017). Problem-Based Learning in K–8 Mathematics and Science Education: A Literature Review. The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. (https://doi.org/10.7771/1541-5015.1674).
Napitupulu, E, Elvis., Suryadi, Didi., & Kusumah, Yaya, S. (2016). Cultivating Upper Secondary Students Mathematical Reasoning Ability And Attitude Towards Mathematics Through Problem Based Learning. Journal on Mathematics Education, 7 (2): 61 – 71.
Nopita, Setiawati., Kartika, Ika., & Purwanto, Joko. (2012). Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Moodle Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Fisika Di SMA. (http://www.uin-suka.ac.id).
Novita, Rita., & Putra, Mulia. (2016). Using Task Like Pisa’s Problem To Support Student’s Creativity In Mathematics. Journal on Mathematics Education,7(1): 31-42.
Nuswowati, M., Susilaningsih, E., S, Ramlawati., & Kadarwati. (2017). Implementation Of Problem Based Learning With Green Chemistry Vision To Improve Creative Thinking Skill And Student Creative Actions. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6 (2): 221- 228.
Paruntul, Patrice, Ester., Sukestiyarno, YL., & Prasetyo, Andreas, Priyono, Budi. (2018).Analysis of Mathematical Communication Ability and Curiosity Through Project Based Learning Models With Scaffolding. Unnes Journal Of Mathematics Education Research, 7 (1): 26 – 34.
Pohjolainen, Seppo., Nykänen, Ossi., Venho, Janne., & Kangas, Jussi. (2018). Analysing and Improving Students’ Mathematics Skills Using ICT-Tools. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. (doi: 10.29333/ejmste/81869).
Santoso, Fransiskus, Gatot, Iman,. (2011). Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Pembelajaran Matematika dengan Berbasis Masalah (Suatu Kajian Teoritis). Prosiding : Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Sari, Dewi, Kartika., Banowati, Eva., & Purwanti, Eko. (2018). The Effect of Problem-Based Learning Model Increase The Creative Thinking Skill and Students Activities on Elementary School. Journal of Primary Education, 7 (1): 57 - 63. (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe).
Setyadi, Danang. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Jurnal Satya Widya, 33(2): 87-92.
Siswono, Tatag, Yuli, Eko,. (2010). Leveling Students’ Creative Thinking In Solving And Posing Mathematical Problem. IndoMS. J.M.E, 1 (1): 17-40.
Sunardi. (2016). Strategi Penguatan Pengembangan 4C’s Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.
Supandi., Ariyanto, L., Kusumaningsih, W., & Aini, AN. (2018). Mobile Phone Application for Mathematics Learning. Journal of Physic: Conference Series, 983(1): 1 – 5.
Susanto, Edi., & Retnawati, Heri. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL Untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2): 189 – 197. (http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm)
Sutiarso, Sugeng., Coesamin, M., & Nurhanurawati. (2018). The Effect Of Various Media Scaffolding On Increasing Understanding Of Students’ Geometry Concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1): 95-102.
Tamimuddin, M. (2007). Mengenal Mobile Learning (M-Learning). LIMAS edisi 18. (http:// limas.p4tkmatematika.com)
Taufiq, M., Amalia, A, V., Parmin, & Leviana, A. (2016). Design Of Science Mobile Learning Of Eclipse Phenomena With Conservation Insight Android Based App Inventor 2. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5 (2): 291 – 298.
Tim Unesa. (2013). (Modul PLPG Pendidikan Ekonomi: BAB III Model dan Perangkat Pembelajaran).
Tohir, M., Abidin, Z., Dafik., & Hobri. (2018). Student Creative Thinking Skill In Solving Two Dimensional Arithmetics Series Through Research Based Learning. Journal of Physics: Conf. Series 1008. (doi :10.1088/1742-6596/1008/1/012072).
Utami, Wahyu, Niken., & Saefudin, Abdul, Aziz. (2018). Comparative Study of Learning Using E-Learning and Printed Materials on Independent Learning and Creativity. Journal of Physics: Conf. Series 954. (doi :10.1088/1742-6596/954/1/012004).
Voronina, Marianna, V., Moroz, Olga, N., Sudarikov, Alexander, E., Mira, Rakhimzhanova, B., Gumilyov, L.N., & Muratbakeev, Eduard, Kh. (2017). Systematic Review and Results of the Experiment of a Flipped Learning Model for the Courses of Descriptive Geometry, Engineering and Computer Graphics, Computer Geometry. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(8). (doi: 10.12973/eurasia.2017.00967a)
Wardono, & Woro, Ary, Kurniasih. (2015). Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6 (1): 93-100.
Wardono., Waluya, S B., Mariani, Scolastika., & Candra, D, S. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series 693. (doi:10.1088/1742-6596/693/1/012014)
Wibowo, Eric, Adie., & Arifudin, Riza. (2016). Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android. UNNES Journal of Mathematics. (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm).
Wijaya, A. (2017). How Do Open - Ended Problem Promote Mathematical Creativity? A Reflection Of Bare Mathematics Problem And Contextual Problem. Journal of Physics: Conf. Series 983. (doi :10.1088/1742-6596/983/1/012114)
Y, Wicaksana., Wardono., & S, Ridlo. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1: 416 - 425.