Pemecahan Masalah dan Pembelajarannya dalam Matematika

Main Article Content

Endang Retno W.
Budi Waluya
Rochmad Rochmad
Kartono Kartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan  pemecahan masalah mahasiswa, melalui pembelajaran Problem Based Learning dengan peer feedback activity.  Penelitian ini dilakukan dengan mahasiswa tahun pertama yang belajar di jurusan pengajaran matematika MIPA UNNES. Metode penelitian adalah desain pra-tes pos-tes satu kelompok dan studi kasus. Dalam penelitian, para mahasiswa diajarkan tahap pemecahan masalah Polya yang terdiri dari 4 tahap dan tahap pemecahan masalah diperkenalkan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mereka. Bentuk wawancara semi-terstruktur dikembangkan oleh peneliti digunakan sebagai alat pengumpulan data. Dalam analisis data, solusi dari masalah yang diterapkan diperiksa dengan mempertimbangkan langkah-langkah pemecahan masalah. Temuan yang diperoleh melalui solusi masalah yang diterapkan dan melalui bentuk wawancara semi-terstruktur.  Akibatnya, menjadi jelas bahwa subjek pembelajaran Problem based learning dengan peer feedback activity memiliki efek positif pada kemampuan pemecahan masalah mahasiswa

Article Details

How to Cite
W., E. R., Waluya, B., Rochmad, R., & Kartono, K. (2019). Pemecahan Masalah dan Pembelajarannya dalam Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 389-394. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28961
Section
Articles

References

Bai, H. (2009). Facilitating students’ critical thinking in online discussion: An instructor’s experience. Journal of Interactive Online Learning, 8(2), 156 -164.
Creswell, JW.(2014). Researh Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ekahitanond, Visara. (2013). Promoting university students’ critical thinking skills through peer feedback activity in an online discussion forum. Alberta Journal of Educational Research, 59(2), 247 - 26.
Lester, F. K. (1994). Musings about mathematical problem-solving research: 1970-1994. Journal for research in mathematics education, 25(6), 660-675.
Major, T & Mulvihill, T, M. (2018). Problem-Based Learning Pedagogies in Teacher Education: The Case of Botswana. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning.12(1).
Mory, E. H. (2004). Feedback research revisited. In D. H. Jonassen (Ed.), Handbook of research on educational communications and technology (pp. 745-783). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.
National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles And Standards For School Mathematics.Reston, VA: Author.
Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.
Rillero, P. (2018). The Iterative Development and Use of an Online Problem-Based Learning Module for Preservice and Inservice Teachers. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning.12(1).
Saad, N.S. & Ghani, A. S. 2008. Teaching Mathematics in Secondary School:Theories and Practices. Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.
Tambychik, T. & T.S. Meerah. (2010). Students‟ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say?. Procedia Social and Behavioral Sciences.
Temel, S.(2014). The effects of problem-based learning on pre-service teachers’ critical thinking dispositions and perceptions of problem-solving ability. South African Journal of Education, 34, 1-20.
Van de Walle, J. A., Karp, K. S., Bay-Williams, J. M., Wray, J. A., & Brown, E. T. (2007). Elementary and middle school mathematics: Teaching developmentally.