Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa Kelas VIII SMP N 9 Semarang Melalui Model PBL Berbantuan Kartu Soal Materi Fungsi

Main Article Content

Khurnia Manfaati
S Hidayati
Wardono Wardono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar melalui model PBL berbantuan kartu soal pada peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 9 Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII F sebanyak 32 anak. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian adalah hasil belajar matematika meningkat melalui model PBL berbantuan kartu soal di kelas VIII F SMP Negeri 9 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas pada siklus I sebesar 89 dan siklus II sebesar 98,3 sehingga telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 77. Ketuntasan klasikal siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 96,9% sehingga telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 88% peserta didik mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 77. Peningkatan hasil belajar matematika melalui model PBL berbantuan kartu soal didukung oleh peningkatan kemadirian peserta didik. Pada siklus I, kemandirian peserta didik tergolong “cukup baikâ€. Namun pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori “baikâ€. Kemandirian peserta didik telah tergolong cukup baik pada siklus I dan siklus II tergolong baik sehingga sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu tergolong “baikâ€.

Article Details

How to Cite
Manfaati, K., Hidayati, S., & Wardono, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa Kelas VIII SMP N 9 Semarang Melalui Model PBL Berbantuan Kartu Soal Materi Fungsi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 503-509. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29042
Section
Articles

References

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.
Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.
OECD. 2016. PISA (Programme for International Assessment). Diakses pada 15 September 2018 (https://www.oecd.org/pisa/aboutpisa/).
Rifa’i, A. & Anni.C.T. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Press.
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. 2013. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi.