Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Matematika Berbantuan Geogebra terhadap Karakter Kreatif Siswa
Main Article Content
Abstract
Karakter kreatif adalah salah satu karakter yang perlu dimiliki oleh siswa. Karena dengan memiliki karakter kreatif, siswa akan memiliki karakteristik dalam memecahkan masalah baik pada mata pelajaran matematika maupun pada mata pelajaran lainnya. Salah satu usaha peneliti untuk memunculkan karakter kreatif siswa adalah menggunakan buku ajar berbantuan Geogebra. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar matematika berbantuan GeoGebra terhadap karakter kreatif siswa. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan oleh bantuan guru dalam mengamati karakter kreatif siswa. Populasi pada penelitian ini adalah karakter kreatif siswa kelas VIII SMP TRISILA di Kabupaten Indramayu tahun pelajaran 2018/2019 pada semester ganjil. Pemilihan sampel dilakukan dengan system cluster random sampling dan terpilih VIII C dan kelas VIII B. Setelah diundi, terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen (siswa dengan menggunakan buku ajar berbantuan GeoGebra) dan kelas VIII B sebagai kelas dengan pembelajaran konvensional (siswa dengan pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah). Kedua kelas menggunakan model pembelajaran yang sama, yaitu menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pada analisis data, menunjukkan kedua data distribusi tidak normal, sehingga peneliti menggunakan uji Mann Whitney untuk melakukan uji pengaruh. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan buku ajar matematika berbantuan GeoGebra terhadap karakter kreatif siswa.
Article Details
References
Batey, M. 2012. The Measurement of Creativity: From Definitional Consensus to the Introduction of a New Heuristic Framework.Creativity Research Journal, 24(1), 55–65.
Gomes, J., & Alcineia. (2013). Associating A Mathematics Model To A Real Situation With GeoGebra.Journaal Of The Brazilian Conference Of GeoGebra, 1(1), 22-34
Kemendikbud .(2015). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. (Online) (https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan , diakses 22 April 2017)
Mawadah, N.E., Kartono, & Suyitno, H. (2015). Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis. UJMER, 4(1), 10 – 17
Muthomi, M. W., Mbugua, Z. K., Githua, B. N. (2012). Teachers’ Disposition Towards Use of Scientific Calculators in Mathematics Instruction in Meru Country in Kenya. International Journal of Applied Science and Technology, 2(2), 89-92
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan
Puspendik kemendikbud. (2015). Seminar hasil TIMSS 2015.(Online) (https://puspendik.kemendikbud.go.id/seminar/upload/Hasil %2520Seminar%2520Puspendik%25202016/Rahmawati-Seminar%2520Hasil%2520TIMSS%25202015.pdf&ved=2ah,diakses 22 April 2017)
Ramadhani, R. (2016). Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Model Problem Based Learning berbantuan Software GeoGebra. Jurnal Ilmiah Integritas, 2(1), 67 – 82.
Richardo, R., Mardiyana., Saputro, D. R.S. (2014). Tingkat Kreatifitas Siswa Dalam mMemecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 141 - 151
Senjaya, A. J. (2017). Statistika Terapan Untuk Penelitian Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Indramayu: fkipunwirpress
Sugiyono. (2013). Model Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukestiyarno. (2012).Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Supandi, Kusumaningsih, W., Ariyanto, L., Nurlaelah, E., Turmudi. (2013). Pembelajaran Kalkulus Berbasis E-Learning untuk Menumbuhkan Kreatifitas dan Karakter Mahasiswa. Kreano, 4(2), 126-130
Utami, A.F., Masrukan, Arifudin, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model Taba berbantuan Geometer’s Sketchpad. Kreano, 5(1), 63-74