Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika

Main Article Content

Usfandi Haryaka
Haslidia Haslidia

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto,untuk mengetahuipengaruhkonsep diri, minat dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018.Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan taraf signifikansi pengujian sebesar 5%.Hasil analisisinferensial dengan menggunakan analisis jalur untuk sub-struktur 1 diperoleh persamaan   dengan nilai probabilitas  (sig. F) sebesar , maka sub-struktur 1 signifikan, sehingga terdapat pengaruh konsep diri terhadap minat siswa. Untuk analisis sub-struktur 2 diperoleh persamaan dengan nilai probabilitas (sig. F) sebesar 0,000, maka sub-struktur 2 signifikan, sehingga terdapat pengaruh konsep diri dan minat terhadap sikap ilmiah. Untuk variabel konsep diri diperoleh  dan minat diperoleh . Untuk analisis sub-struktur 3 diperoleh persamaan  dengan nilai probabilitas (sig. F) sebesar 0,000, maka sub-struktur 3 signifikan, sehingga terdapat pengaruh konsep diri, minat, sikap ilmiah terhadap hasil belajar matematika. Pada sub struktur 3 untuk variabel konsep diri diperoleh , minat diperoleh , dan untuk variabel sikap ilmiah diperoleh .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhkonsep diri, minat dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018.

Article Details

How to Cite
Haryaka, U., & Haslidia, H. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 737-747. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29261
Section
Articles

References

Agustiani, H. 2006. Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: Refika Aditama
Cosynook. 2013. “Teori Minat”. cosynook.wordpress.com. https://cosynook.wordpress.com/2013/02/14/teori-minat/ (diakses pada 28 Desember 2017)
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Jasin, M. 2005. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Setiawati, E. 2008. Bahasa Indonesia Keilmuan dalam Karya Tulis Ilmiah. Malang: Surya Pena Gemilang
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
_______. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syah, M. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers
Wahidmurni, Mustikawan A., dan Ridho A. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktek. Yogyakarta: Nuha Litera
Wells, W. D., & Prensky, D. (1996). Consumer Behavior, John Wily and Sons. Inc.-1996.