Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VIIF SMPN 22 Semarang Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan APM
Main Article Content
Abstract
Memahami konsep matematika merupakan salah satu tujuan penting yang diharapkan dapat dicapai siswa dalam pembelajaran matematika, namun pada kenyataannya sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan untuk memahami konsep matematika yang dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga manipulatif pada materi operasi hitung bilangan pecahan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan seluruh siswa kelas VIIF SMP Negeri 22 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan, yaitu 1) rata-rata nilai hasil tes pemahaman konsep siswa meningkat dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 71; dan 2) persentase siswa yang tuntas meningkat dan mencapai dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil tes pemahaman konsep siswa pada siklus I adalah 70,9 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 68,8%, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai hasil tes pemahaman konsep adalah 80,2 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 81,3%. Simpulan yang diperoleh adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga manipulatif, dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bilangan pecahan dapat tercapai.
Article Details
References
Balim, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success amd Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 3(5), 1-20.
Burais L., Ikhsan, & Duskri. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77-86.
Hidayah, I., & Sugiarto. (2014). The Implementation of Teacher Leadership in Mathematic Learning Through A Series of Productive Question. International Conference on Mathematics, Science, and Education.
Husna, F. E., F. Dwina, & D. Murni. (2014). Penerapan Strategi React Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Sman 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 1, 3(1), 26-30.
Mawaddah, S. & R. Maryanti. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76-85.
Mukrimatin, N. A., Murtono, & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara pada Materi Perkalian Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67-71.
Murizal, A., Yarman, & Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19-23.
Ojose, B. & L. Sexton. (2009). The Effect of Manipulatives Materials on Mathematics Achievement of First Graduate Students. The Mathematics Educator, 12(3), 3-14.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Shaw, J. M. (2002). Manipulatives Enhance the Learning of Mathematics. Mississippi: University of Mississippi.
Setyaningrum, V.F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1 Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Suwarsi, Saputra, A.D., & Prabowo, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas VIII F Melalui DL Berbantuan LKS Bertema. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1 Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Utari, V., A. Fauzan, & M. Rosha. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1) 2012, 33-38.