Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Semarang Melalui Penerapan Model PBL Berbantuan Permainan Isometri

Main Article Content

Baiq Sri Rahayu Kartini
Walid Walid
Indrati Rahayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritsis siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Semarang melalui penerapan model PBL berbantuan permainan isometri pada materi pembelajaran transformasi geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket sikap percaya diri dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor kemampuan mengenal dan memecahkan masalah  pada kondisi awal 1,76, siklus I 2,78 dan siklus II 3,16, kemampuan memberikan penjelasan sederhana pada kondisi awal 1,49, siklus I 2,84 dan 2,88 pada siklus II serta kemampuan membuat kesimpulan 1,64 pada kondisi awal, 2,76 pada siklus I dan 3,09 pada siklus II. Persentase siswa dengan kemampuan berpikir kritis minimal berkategori kritis pada siklus I meningkat dari kondisi awal yaitu dari 25,81% menjadi 80,56%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Sedangkan persentase siswa dengan sikap percaya diri minimal berkategori tinggi pada siklus I 77,78%, meningkat pada siklus II menjadi 88,89%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL  berbantuan permainan isometri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap percaya diri siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Semarang.

Article Details

How to Cite
Kartini, B. S. R., Walid, W., & Rahayu, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Semarang Melalui Penerapan Model PBL Berbantuan Permainan Isometri. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 836-840. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29275
Section
Articles

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.
Hariyanto.2012. Pengertian Media Pembelajaran. Diakses di http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/ pada tanggal 5 september 2018.
Huda, miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Jakarta : Pustaka Pelajar.
Maulana. 2008. Pendekatan Metakognitif sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
PGSD.Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukirman, C. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Kompetensi Psikomotorik Peserta Didik Kelas XI IPS pada Pembelajaran PAI di SMAN 10 Bulukumba.Makasar :Universitas Negeri Makasar.