Representasi Matematis Bernuansa Etnomatematika dan Self Directed Learning
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran matematika yang berbasis etnomatematika masih jarang dilakukan di setiap jenjang pendidikan. Hal ini menjadikan siswa kurang optimal dalam merepresentasikan permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan hal tersebut representasi matematis dalam pembelajaran matematika di sekolah sangatlah penting bagi siswa. Penggunaan etnomatematika dalam pembelajaran bertujuan agar siswa dapat menggunakan hubungan antara kehidupan disekitarnya dengan permasalahan matematika, sehinggadiharapkan dapat membantu siswa dalam pembelajaran.Oleh karenanya diperlukan upaya pengimplementasian etnomatematika dalam pembelajaran. Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran juga sangat penting, hal ini dikarenakan dengan kemandirian belajar siswa dapat menentukan langkah-langkah untuk mengimplementasikan ilmu yang diperolehnyadalam menyelesaikan permasalahan. Kemampuan ini biasa disebut dengan SDL.Sehingga akan dilakukan analisis tentang representasi matematis siswa yang bernuansaetnomatematika. Selain itu juga akan menganalisis tentang pengaruh antara representasi matematis dengan SDL.
Article Details
References
Cahyaningrum, N., Sukestiyarno, dan Budi W. (2016). Pembelajaran REACT Berbantuan Modul Etnomatematika Mengembangkan Karakter Cinta Budaya Lokal dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. UJMER, 5(1), 50-59.
Dahlan, J. A. (2018). Integrasi Budaya Masyarakat dalam Pembelajaran Matematika: Contoh Dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Pelita Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 13(1), 15-31.
Fouze, A. Q., & Amit, M. (2018). Development of Mathematical Thinking through Integration of Etnomathematic Folklore Game in Math Instruction. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 617-630.
Hardiarti, S. (2017) Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.
Krawec, J. L. (2014). Problem representation and mathematical problem solving of students of varying math ability. Journal of Learning Disabilities, 47(2), 103-115.
Kleden, M. A. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Directed Learning Mahasiswa. Jurnal Matematika dan pendidikan Matematika. 2 (2): 14-20.
Lee, K., Tsai, P. S., Chai, C. S., & Koh, J. H. L. (2014). Students' perceptions of selfâ€directed learning and collaborative learning with and without technology. Journal of Computer Assisted Learning, 30(5): 425-437.
Lestari & Yudhanegara. 2016. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Muhtadi, D. (2017). Sundanese Etnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185-198.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2017, December). Etnomathematics: Exploration in Javanese culture. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 943, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.
Rosa, M. & Orey, DC 2011. “Etnomathematics: Aspek Budaya Matematikaâ€. Revista Latinoamericana de Etnomatematica, 4 (2): 32-54.
Widakdo, W. A. (2017). Mathematical Representation Ability by Using Project Based Learning on the Topic of Statistics. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012055). IOP Publishing.
Zaenuri, Z., & Dwidayanti, N. (2018, February). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 471-476).