Analisis Kesalahan Kemampuan Representasi Matematis pada Model Pembelajaran Think-Talk-Write dengan Verbal Feedback
Main Article Content
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran seringkali siswa belum mampu mengkonstruksikan hubungan antar konsep matematika dengan tepat. Perlunya menganalisis kesalahan siswa berdasarkan prosedur kesalahan yang menjadi latar belakang kajian ini. Salah satu kemampuan yang dapat meningkatkan ketercapaian tujuan dalam belajar matematika yakni kemampuan representasi matematis. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kesalahan siswa menurut Newman pada kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal. Bentuk representasi matematis yaitu (1) visual representation, yaitu menyajikan kembali data atau informasi dalam bentuk diagram, grafik, atau tabel; (2) verbal representation, yaitu menuliskan langkah-langkah penyelesaian tugas matematika dengan kata-kata; (3) symbolic representation, yaitu membuat persamaan atau model matematis dari suatu tugas yang diberikan. Dalam kegiatan pembelajaran guru perlu melakukan inovasi model pembelajaran salah satunya menggunakan Think-Talk-Write. Model ini merupakan pembelajaran kooperatif terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota dalam kelompoknya. Agar pembelajaran lebih optimal perlu diterapkan umpan balik (feedback). Salah satu jenis umpan balik ini yaitu verbal feedback yang didefinisikan untuk menggambarkan komunikasi yang diberikan serta memberi tahu setiap siswa tentang keakuratan jawaban atas pertanyaan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal representasi matematis bervariasi.
Article Details
References
National Cauncil of Teacher of Mathematics. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Zhe, L. (2012). “Survey of Primary Students’ Mathematical Representation Status and Study on the Teaching Model of Mathematical Representationâ€. Journal of Mathematics Education, 5(1), 63-76.