Kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif pada pembelajaran creative problem solving
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketuntasan belajar kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan pembelajaran Creative Problem Solving, mengetahui perkembangan kemampuan pemecahan masalah peserta didik selama pembelajaran dengan Creative Problem Solving, mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang bergaya kognitif field dependent, dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang bergaya kognitif field independent. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain sequential explanatory. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Sampel dari populasi untuk penelitian kuantitatif dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Subyek penelitian untuk penelitian kualitatif diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji ketuntasan individual, dan uji ketuntasan klasikal. Analisis data kualitatif menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran Creative Problem Solving mencapai ketuntasan belajar, (2) perkembangan kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan tiga kali pertemuan mengalami peningkatan, (3) kemampuan pemecahan masalah subyek FD yaitu kurang mampu memahami masalah, mampu merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan kurang mampu memeriksa kembali, dan (4) kemampuan pemecahan masalah subyek FI yaitu mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan tidak mampu memeriksa kembali.