Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Mathematical Problem Posing

Main Article Content

Bambang Eko Susilo
Darhim Darhim
Sufyani Prabawanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa berdasarkan disposisi matematis dalam pembelajaran Mathematical Problem Posing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif dengan instrumen: tes, skala, observasi, dan dokumentasi. Data diambil dari 37 mahasiswa sarjana dari program studi pendidikan matematika di sebuah universitas di Jawa Tengah. Kemampuan berpikir kritis ditentukan dengan menggunakan empat indikator, yaitu: menganalisis masalah, menyimpulkan dan memberikan penjelasan, mengevaluasi, dan memilih strategi penyelesaian masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada mahasiswa dengan disposisi matematis negatif; (2) mahasiswa dengan disposisi matematis positif rendah memiliki kemampuan yang kurang dalam menganalisis masalah dan kemampuan yang cukup dalam memberikan penjelasan, mengevaluasi dan memilih strategi; (3) mahasiswa dengan disposisi matematis positif sedang memiliki kemampuan yang cukup dalam mengevaluasi dan memilih strategi serta kemampuan yang baik dalam menganalisis masalah dan memberikan penjelasan; (4) mahasiswa dengan disposisi matematis positif tinggi memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menganalisis masalah dan kemampuan yang baik dalam memberikan penjelasan, mengevaluasi, dan memilih strategi; dan (5) terdapat kecenderungan peningkatan pencapaian pada indikator kemampuan berpikir kritis berdasarkan disposisi matematis.

Article Details

How to Cite
Susilo, B. E., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Mathematical Problem Posing. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 634-641. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37588
Section
Articles

References

Aizikovitsh-Udi, E., & Amit, M. (2011). Developing the skills of critical and creative thinking by probability teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1087–1091. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.243
Aizikovitsh-udi, E., & Cheng, D. (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities : Mathematics Education from Early Childhood to High. Creative Education, 6(March), 455–462. https://doi.org/10.4236/ce.2015.64045
Bailin, S. (1987). Critical and creative thinking. Informal Logic, IX(1), 23–30.
Brown, S. I., & Walter, M. I. (2005). The art of problem posing: Third edition. In L. Hawver (Ed.), Lawrence Erlbaum Associates (Third). New Jersey: LAWRENCE ERLBAUM ASSOCIATES.
Chotim, M. (2008). Kalkulus 2. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
Colley, B., Bilics, A., & Lerch, C. (2012). Reflection: A Key Component to Thinking Critically. The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.5206/cjsotl-rcacea.2012.1.2
Duncker, K. (1945). On problem-solving (L. S. Lees, Trans.) (Vol. 58). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1037/h0093599
Kalelioğlu, F., & Gülbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking and Critical Thinking Dispositions in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17(1), 248–258.
Kriel, C. (2013). Creating a disposition for critical thinking in the mathematics classroom. In B. Collier-Reed (Ed.), Proceedings of the Second Biennial Conference of the South African Society for Engineering Education (pp. 67–75). Cape Town: SASEE.
Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan representasi dan disposisi matematis siswa terhadap peningkatan mathematical power. JIPMat, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089
Masek, A., & Yamin, S. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2(1), 215–221.
NCTM. (1989). Curriculum and evaluation standards for school mathematics. Reston, VA.
Perkins, C., & Murphy, E. (2006). Identifying and measuring individual engagement in critical thinking in online discussions: An exploratory case study. Educational Technology and Society, 9(1), 298–307.
Rahayu, R., & Kartono, K. (2014). The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based On IDEAL Problem Solver. International Journal of Science and Research (IJSR), 3(10), 1315–1318.
Rochmad, Chotim, M., & Kharis, M. (2018). Kalkulus II dengan bantuan Software Maple. Semarang: FMIPA PRESS.
Sabandar, J. (2007). Berpikir Reflektif. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 8 Desember 2007. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.
Setiawan, F. T., Suyitno, H., & Susilo, B. E. (2017). Analysis of Mathematical Connection Ability and Mathematical Disposition Students of 11th Grade Vocational High School. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 152–162. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i2.13135
Silver, E. A. (1994). On Mathematical Problem Posing. For the Learning of Mathematics, 14(1), 19–28.
Silver, E. A. (2013). Problem-posing research in mathematics education: Looking back, looking around, and looking ahead. Educational Studies in Mathematics, 83(1), 157–162. https://doi.org/10.1007/s10649-013-9477-3
Susilo, B. E., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2019a). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis & Disposisi Matematis. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Susilo, B. E., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2019b). Students critical thinking skills toward concepts differences in finding area of a plane region and definite integral. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i1.29463
Susilo, B. E., Darhim, D., Prabawanto, S., & Kharis, M. (2019). Kalkulus Integral: Belajar Melalui Pengajuan Masalah (D. Mubarok, Ed.). Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Treffinger, D. J., Isaksen, S. G., & Stead-Dorval, K. B. (2006). Creative problem solving: an introduction (4th ed.; L. Elwood, Ed.). Waco, TX: Prufrock Press.
Varberg, D., Purcell, E. J., & Rigdon, S. E. (2006). Calculus (9th ed.). New York: Pearson.