Pengaruh Self-Referenced Feedback dalam Pembelajaran ARIAS pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Main Article Content

Fina Durroh Mukhoyyaroh
Kartono Kartono
Putut Marwoto

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Kemampuan siswa ketika dihadapkan pada soal pemecahan masalah beragam. Pemilihan model pembelajaran harus dilakukan secara tepat dalam rangka mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai, mampu menarik minat, dan relevan dengan siswa adalah pembelajaran ARIAS. Sementara itu, selain melakukan penilaian, guru perlu memberikan penguatan terhadap hasil pekerjaan siswa. Penguatan dapat dilakukan dengan pemberian feedback (umpan balik). Feedback berisi petunjuk tentang kebenaran atau kelemahan kinerja siswa dan sebagai pembanding kinerja siswa hari ini dengan sebelumnya. Hal ini sesuai dengan kegunaan self-referenced feedback. Informasi yang diperoleh dari self-referenced feedback dapat membantu siswa melihat kemajuan diri mereka dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, uraian kajian artikel konseptual ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh self-referenced feedback dalam pembelajaran ARIAS pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Article Details

How to Cite
Mukhoyyaroh, F., Kartono, K., & Marwoto, P. (2020). Pengaruh Self-Referenced Feedback dalam Pembelajaran ARIAS pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 581-586. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37614
Section
Articles

References

Brookhart, S.M. (2008). How to Give Effective Feedback to Yor Students. Virginia USA: ASCD.
Bertelle. (2012). Mathematics in Action: An Introduction to Algebraic, Graphical, and Numerical Problem Solving. USA: Pearson Education.
Dann, R. (2019). Feedback as a Relational Concept in The Classroom. The Curriculum Journal, 1-23.
Elyani, R., Izzati, N., & Perdana, S.A. (2019). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan LKS dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Kiprah, 7(2), 49-58.
Fadillah, L, Kartono, & Supriyadi (2019). Mathematical Communication Ability Based on Cognitive Style in PBL with Tutor Feedback Assisted by Triangle Calculator. Unnes Journal of Mathematics Education, 9(1), 86-92.
Fajariah, E.S., Dwidayati, N.K., & Cahyono, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Implementasi Model Pembelajaran ARIAS Berpendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 259-265.
Frasticha, Fathurrohman, M., & Jaenudin. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction dengan Strategi Active Learning Tipe Index Card Math terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. JPPM, 9(2), 222-229.
Habsi, M. & Putri, F. (2019). Improvement Mathematics Problem Solving Ability of the Students Taught by Using Team Assisted Individualization Cooperative Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6 (2), 125-133.
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). Problem Based Learnng to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self Confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291-300.
Hsiao, H.S., Lin, C.Y., Chen, J.Y., & Peng, Y.F. (2018). The Influence of a Mathematics Problem-Solving Training System on First-Year Middle School Students. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 14(1), 77-93.
Kurniawati, E., Hartanto, & Zamzali. (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (Arias) Integratif dan Kemampuan Awal Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kepahiang (Vol. 2, pp 174 – 187)
Morris, C., & Chikwa, G. (2016). Audio Versus Written Feedback: Exploring Learners’ Preference and The Impact of Feedback Format on Students’ Academic Performance. Active Learning in Higher Education, 17(2), 125-137.
Nur, A.S. & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, 9(2): 139-148.
OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. OECD.
Özreçberoğlu, N., & Çağanağa, C.K. (2018). Making It Count: Strategies for Improving Problem-Solving Skills in Mathematics for Students and Teachers’ Classroom Management. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 14(4), 1253-1261.
Rasmin, Sudia, M., & Kadir. (2018). Profile of Students’ Mathematical Problem Solving Avility Reviewed from Students’ Self Efficacy. Internatonal Journal of Education and Research, 6(3), 159-164.
Shin, T.S. (2010). The Effect of Peer-and Self Referenced Feedback on Students’ Motivation and Academic Performance in Online Learning Environments. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 6(1): 187-197.
Simamora, R.E., Saragih, S., & Hasratudin. (2019). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61-72.
Soemarmo, U. & Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bangung: PT Refika Aditama.
Swastika, G.T. & Narendra, R. (2019). Model Pembelajaran ARIAS berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 104-113.