Pemanfaatan media video dimensi tiga untuk menciptakan joyful learning di SLB Salatiga sebagai produk PKM Jurusan Matematika UNNES

Main Article Content

Sugiman Sugiman
Emi Pujiastuti
Amin Suyitno

Abstract

Permasalahannya, bagaimana menciptakan Joyful Learning dalam pelajaran matematika di SLB? Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Tim Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNNES, telah dihasilkan Media Video Dimensi Tiga. Dalam program ini, dilibatkan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Pendidikan Khusus Kota Salatiga dan Rumah Industri “Alpha Production†sebagai mitra PKM. Produk PKM yang dihasilkan berupa Video Dimensi Tiga, yaitu alat peraga video pembelajaran matematika yang dilengkapi narasi dan sistem bahasa isyarat. Tahapan kegiatannya, (1) tim PKM UNNES mendesain dan membuat prototipe Alat Peraga Matematika berupa video pembelajaran yang dilengkapi petunjuk secara narasi, dan sistem bahasa isyarat, (2) mitra Rumah Industri “Alpha Production†membuat prototip alat peraga menjadi baik, indah, dan siap digunakan di SLB, dan (3) media Video Dimensi Tiga ini diujicobakan di SLBN Salatiga. Hasilnya, (1) tercipta suasana pembelajaran Matematika yang Joyful Learning oleh guru SLB yang memanfaatkan Video Dimensi Tiga sebagai alat peraga, (2) hasil evaluasi terhadap guru peserta pelatihan adalah 86,7, dan (3) rumah Industri “Alpha Production†sebagai mitra PKM kini memiliki keterampilan baru berupa pembuatan alat peraga matematis berupa Video Dimensi Tiga.

Article Details

How to Cite
Sugiman, S., Pujiastuti, E., & Suyitno, A. (2020). Pemanfaatan media video dimensi tiga untuk menciptakan joyful learning di SLB Salatiga sebagai produk PKM Jurusan Matematika UNNES. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 482-488. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37615
Section
Articles

References

Conklin, & Hilary G. (2014). Toward More Joyful Learning: Integrating Play Into Frame¬works of Middle Grades Teaching. American Educational Research Journal, 51(6), pp. 1227–1255.
Crane, N., Zusho, A., Ding, Y., & Cancelli, A. (2017). Domain-specific metacognitive calibration in children with learning disabilities. Contemporary Educational Psychology, 50, 72–79.
Depdiknas. 2007. Kajian tentang Ketersediaan dan Pemanfaatan Media–Alat Peraga untuk Menunjang Implementasi KTSP. (Laporan Kajian Staf Ahli Mendiknas Bidang Pengembangan Kurikulum dan Media Pendidikan). Jakarta: Depdiknas.
Doyran, Feyza. 2012. Research on Teacher Education and Training: An Introduction. ISBN: 978-960-9549-74-5. (Online). (https://www.google.co.id/webhp?hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjZ_oud4-3QAhUFuY8KHZfBDvwQPAgD#hl=en&q=Articles+of+Teacher+Training++for+Elementary+School+pdf).
Hallahan dan Kauffman. 2006. ExceptionalChildren:Introductionto Exceptional Children. New York: Prentice Hall.
Kemendikbud. 2014a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemdikbud.
Kemendikbud. 2014b. Pedoman Matapelajaran (PMP)Matematika (Lampiran III Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah). Jakarta: Kemdikbud.
Kemendikbud. 2014c. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema I. Bermain di Lingkunganku, Buku Siswa SDLB Autis Kelas IV. Jakarta: Kemdikbud.
Papanastasiou, G., Drigas, A., Skianis, C., Lytras, M., & Papanastasiou, E. (2018). Patient-centric ICTs based healthcare for students with learning, physical and/or sensory disabilities. Telematics and Informatics, 35(4), 654–664.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa.
Singh, S. (2014). Creating a Joyful Learning Environtment at Primary Level. Shaikshik Parisamvad (An International Journal of Education) (Vol 4(1), ISSN: 2231-2323, pp 10=14).
Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Wei C.W et al. 2011. A Joyful Classroom Learning System with Robot Learning Companion for Children to Learn Mathematics Multiplication. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol 10 Issue 2).