Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 5 Semarang
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 10 di SMA Negeri 5 kota Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 66% siswa mampu menyelesaikan masalah pada tahap memahami masalah, 53% siswa mampu menyelesaikan masalah pada tahap merencanakan pemecahan masalah, 50% siswa mampu menyelesaikan masalah pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan 48% siswa mampu menyelesaikan masalah pada tahap memeriksa kembali. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 53,4.
Article Details
References
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika Edisi Revisi. Bandung: PT Refika Aditama.
Maharani. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819-826
Mushlihah, K., Yetri, Y., & Yuberti, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Bermuatan Sains Keislaman dengan Output Instagram pada Materi Hukum Newton. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 207-215.
Nurhayati, N., & Bernard, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X SMK Bina Insan Bangsa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan. Journal on Education, 1(2), 497-502.
Pimta, S., Tayruakham, S., & Nuangchalerm, P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences, 5(4), 381-385
Polya, G. (1985). How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Methods. New Jersey: Pearson Education, Inc
Rostika. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 9(1)
Susandi, A. D., & Widyawati, S. (2017). Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. NUMERICAL. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 45-52.
Timutius. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX-G Di SMP Negeri 3 Cimahi Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305-312.