Penggunaan Kalkulator Saintifik Sebagai Media Eksploratif Bagi Peserta Didik Untuk Menemukan Sifat-Sifat Eksponensial
Main Article Content
Abstract
Kalkulator merupakan alat bantu hitung elektronik yang masih sederhana dibandingkan dengan komputer. Kalkulator dapat membantu seseorang untuk yang mengalami kesulitan dalam menghitung. Salah satu kalkulator yang sering digunakan adalah kalkulator saintifik. Kalkulator saintifik dirancang untuk menyelesaikan perhitungan berbagai bidang seperti matematika, fisika, teknik, dan lain sebagainya. Penggunaan kalkulator dikalangan pelajar masih sebatas hanya sebagai kalkulasi atau komputasi. Padahal, kalkulator memiliki beberapa fungsi lain. Salah satu fungsi tersebut yakni fungsi eksplorasi. Dalam membantu peserta didik untuk mengeksplor suatu konsep matematika, kalkulator menjadi salah satu alat yang dapat membantu ekplorasi tersebut. Topik bahasan yang terkait dalam pembelajaran matematika maupun kalkulator adalah eksponensial. Oleh karena itu, penggunaan kalkulator saintifik dalam pembelajaran akan membantu peserta didik untuk memahami konsep-konsep eksponensial khususnya sifat-sifat bilangan berpangkat dengan media kalkulator saintifik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan peserta didik mampu menemukan konsep sifat-sifat eksponensial dengan menggunakan kalkulator saintifik melalui aktivitas eksplorasi. Namun, bimbingan diperlukan dalam pembelajaran. Sebab, tidak semua peserta didik dapat menemukan konsep dan menyimpulkan bentuk umum dari sebuah topik bahasan. Berdasarkan hal ini, penggunaan kalkulator saintifik dapat membantu peserta didik menemukan konsep sifat-sifat eksponensial melalui kegiatan eksplorasi.
Article Details
References
Hafid, H. (2007). Sekelumit Pandangan Tentang Pentingnya Pemahaman Strategi Belajar-Mengajar Bagi Guru Matematika Sekolah Dasar. DIDAKTIKA, 3(2), 102-114.
Hidayat, D. (1997). Penggunaan Kalkulator Dalam Pengajaran Matematika Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(1), 173-180. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9245
Jalaludin, M. A., & Sari, V. T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Siswa Kelas X Smk Swasta Di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1796-1801.
National Research Council, & Up, A. I. (2001). Helping Children Learn Mathematics. Mathematics Learning Study Committee. J. Kilpatrick, J. Swafford, and B. Findell, eds. Washington, DC: National Academy Press.
Ochanda, J. P., & Indoshi, F. C. (2011). Challenges and benefits of using scientific calculators in the teaching and learning of Mathematics in secondary school education. Journal of Media and Communication Studies, 3(3), 102.
Roberts, D. M. (1980). The impact of electronic calculators on educational performance. Review of Educational Research, 50(1), 71-98. https://doi.org/10.3102/00346543050001071
Ronau, R. N., Rakes, C. R., Bush, S. B., Driskell, S., Niess, M. L., & Pugalee, D. (2013). Using calculators for teaching and learning mathematics. Technology research brief. National Council of Teachers of Mathematics. http://www. nctm. org/uploadedFiles/Research_News_and_Advocacy/Research/Clips_and_Briefs/2011-Research_brief_18-calculator. pdf. Accessed, 14.
Demana, F., & Waits, B. K. (2001). Calculators in mathematics teaching and learning. Past, present, and future. In Learning Mathematics for a New Century, 51-66.
Waits, B. K., & Demana, F. (2001). Calculators in Mathematics Teaching and Learning: Past, Present, and Future. Part 2: Technology and the Mathematics Classroom.
Widhiyassifah, R., & Sumardi, S. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Eksponen pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kartasura. Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018.