Tingkat kreativitas matematika siswa dalam menyelesaikan muliple solution task setting challenge based learning ditinjau dari kemampuan matematika dan perbedaan gender
Main Article Content
Abstract
Challenge Based Learning (CBL) mampu memberikan pengalaman baik bagi siswa dan pemberian Multiple Solution Task (MST) dapat mengembangkan kreativitas matematika siswa. Namun masih perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut dalam rangka memberikan stimulasi pada siswa dengan kemampuan matematika dan perbedaan gender. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas matematika (TKM) siswa dalam menyelesaikan MST setting CBL ditinjau dari kemampuan matematika dan perbendaan gender. Penelitian deskriptif kualitatif dengan 12 siswa kelas VIII E SMP 1 Semarang sebagai subjek penelitian yang berasal dari kategori atas rata-rata (ART), kategori rata-rata (RT), dan kategori bawah rata-rata (BRT) dilaksanakan dengan menganalisis tes dan wawancara sehingga mendeskripsikan TKM siswa berdasarkan kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek kategori ART Putra dan Putri teridentifikasi TKM 4 (Sangat Kreatif); subjek kategori RT Putra teridentifikasi TKM3 (Kreatif) dan TKM 4 (Sangat Kreatif), sedangkan subjek kategori RT Putri teridentifikasi TKM 0 (Tidak Kreatif), TKM 2 (Cukup Kreatif); dan subjek kategori BRT Putra teridentifikasi TKM 2 (Cukup Kreatif), sedangkan subjek kategori BRT Putri terdientifikasi TKM 0 (Tidak Kreatif). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa guru perlu memperhatikan siswa dengan kemampuan matematika rendah terutama siswa putri karena terindikasi tidak kreatif dan cukup kreatif dengan menerapkan CBL dan memberikan latihan soal tipe MST.
Article Details
References
Akgul, S. & Kahveci, N. G. 2016. “A Study on the Development of a Mathematics Creativity Scaleâ€. Eurasian Journal of Educational Research, 52: 57-76
Ardiansyah, A. S., I. Junaedi & M. Asikin. 2015. “Eksplorasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Matematika Setting Problem Based Learningâ€. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX, 336-345
Ardiansyah, A. S., I. Junaedi & M. Asikin. 2018. “Student’s Creative Thinking Skill and Belief in Mathematics in Setting Challenge Based Learning Viewed by Adversity Quotientâ€. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1): 61-70
Dewi, N. R. & Y. S. Kusumah. 2014. “Developing Test of Higher Order Mathematical Thinking Ability in Integral Calculus Subjectâ€. International Journal of Education and Research, 2(12): 101-108
Fatah, A., D. Suryadi, J. Sabandar, & Turmudi. 2016. “Open-Ended Approach: An Effort in Cultivating Students’ Mathematical Creativity Thinking Ability and Self-Esteem in Mathematicsâ€. Journal on Mathematics Education, 7(1): 9-18
Hecklau, F., M. Galeitzke, S. Flachs & H. Kohl. 2016. “Holistic Approach for Human Resource Management in Industry 4.0â€. Procedia CIRP, 54: 1-6
Johnson, L. F., R. S. Smith, J. T. Smythe, & R. K. Varon. 2009. Challenge Based Learning: An Approach for Our Time. Austin, Texas: The New Media Consortium.
Junita, S. 2016. “Peningkatan Kemampuan Creative Problem Solving Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Challenge Based Learningâ€. Jurnal Pengajaran MIPA. 21(1): 19-23.
Leikin, R. & M. Lev. 2013. “Mathematical Creativity in General Gifted and Mathematically Excelling Adolescents: What Makes the Difference?â€. ZDM Mathematics Education, 45: 183-197
Levav-Waynberg, A. & R. Leikin. 2012. “Using Multiple Solution Tasks for the Evaluation of Students’ Problem-Solving Performance in Geometryâ€. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education. 12(4): 311-333.
Levenson, E. 2013. “Tasks thats may Occasion Mathematical Creativity: Teachers’ Choicesâ€. J Math Teacher Educ, 16: 269-291
Malik, A. 2019. “Creating Competitive Advantage through Source Basic Capital Strategic Humanity in the Industrial Age 4.0â€. International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 4(1): 209-215
Nichols, M., K. Cator, & M. Torres. 2016. Challenge Based Learner User Guide. Redwood City, CA: Digital Promise
Purnami, W. S., M. Rizal, & Anggraini. 2016. “Peta Pengetahuan Siswa SMP Negeri 13 Palu Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Balok Ditinjau dari Jenis Kelaminâ€. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1): 80-93
Purwanti, K. L. 2013. “Perbedaan Gender terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan pada Siswa Kelas 1â€. SAWWA, 9(1): 107-122
Rajendra. 2008. Teaching and Acquiring Higher Order Thinking Skills Theory and Practice. Tanjong Malim: Universiti Pendidikan Sultan Idris
Reilly, D., D. L. Neumann, & G. Andrews. 2017. “Investigating Gender Differences in Mathematics and Science: Result form the 2011 Trends in Mathematics and Science Surveyâ€
Silver, E. A. 1997. “Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posingâ€. ZDM, 29(3): 75-80
Siswono, T . E. Y. 2010. “Leveling Students‟ Creative Thinking in Solving and
Posing Mathematical Problemâ€. Journal on Mathematics Education
(IndoMS-JME), 1(1): 17-40.
Thompson, T. 2008. “Mathematics Teachers’ Interpretation of Higher-Order Thinking in Bloom’s Taxonomyâ€. International Electronic Journal of Mathematics Education, 3(2): 96-109
Yazgan-Sag, G. & E. Emre-Akdogan. 2016. “Creativity from Two Perspectives: Prospective Mathematics Teachers and Mathematicianâ€. Austrlian Journal of Teacher Education, 41 (12): 25-40
Yoosomboon, S. & P. Wannapiroon. 2015. “Development of a Challenge Based Learning Model Via Cloud Technology and Social Media for Enhancing Information Management Skillsâ€. Procedia Social and Behavioral Sciences, 174: 2102-2107
Zubaidah, A. M. Z. 2013. “Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematikaâ€. Marwah, 12(1): 14-31