Efektivitas Quick and Quient feedback dalam pembelajaran model Discovery Learning pada pencapaian pemecahan masalah matematis siswa
Main Article Content
Abstract
Salah satu hal penting yang sering diabaikan saat proses pembelajaran di kelas adalah pemberian umpan balik (feedback) terhadap siswa. Pemberian feedback diperlukan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Salah satu jenis feedback yang dapat meningkatkan kemampuan dan kemajuan siswa adalah quick and quient feedback. Dalam pembelajaran quick and quient feedback merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa menjadi lebih baik dalam pemecahan masalah matematis. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan parameter penting dalam pendidikan terkini di Indonesia dan merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperlukan pembelajaran yang menarik dan menantang, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. discovery learning merupakan pembelajaran matematika yang memberi siswa kesempatan untuk secara aktif dalam memperoleh dan memproses perolehan belajar. Oleh karena itu,tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektivitas quick and quient feedback dalam pembelajaran model discovery learning pada pencapaian pemecahan masalah matematis siswa
Article Details
References
Balım, A. G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and InquiryLearning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1-20.
BSNP. (2014). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: PT Rineka Cipta
Hidayati, R. 2017. Keefektifan Setting TPS dalam Pendekatan Discovery Learning dan Problem-Based Learning pada Pembelajaran Materi Lingkaran SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (1) ; 78-86.
Ignasia.(2019). Pentingnya Fast Feedback Terhadap Komunikasi Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Proceeding National Seminar of Mathematics Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Kurniati, I.W. et al. 2017. Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker Untuk Meningkatkan Disposisi Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kreano. 8(2) : 109-118.
Mansyur, MZ. (2014). Indikator Pemecahan Masalah. [Online] Tersedia: https://zulfikarmansyur.wordpress.com/2014/01/07/13 [16 Juni 2015 ]
Mawaddah, Kartono, Suyitno, H. 2015. Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berpikir kreatif Matematis . UJMER. 4(1): 10-17
Nasional, D. P. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas.
Rahayu, S. 2016. Pengaruh Pemberian Umpan Balik Terhadap Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal e-DuMath, 2(2), 218-223
Rahman, M.H. 2017. Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies. 4(2): 98-103.
Ruseffendi, H.E.T. 2006. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Sholvia, U. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal riset pendidikan, 2(2), 2460-1470
Siregar N.C.& Marsigit . 2015. Pengaruh Pendekatan Discovery Yang Menekankan Aspek Analogi Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional Spiritual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(2):224 – 234.
Soemarmo, U dan Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Sumarmo,U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya.Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA-UPI
Susilawaty, Y. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Cerita dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Skripsi pada pendidikan matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.
Wahyudi & Kriswandani. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Salatiga: Widya Sari.
Yulianingsih, R. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Based Learning dengan Teknik Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. Bandung: Jurnal. Upi. [Online]. Tersedia di http://respository.upi.edu/386/4/S_MTK_0900629_CHAPTER1.pdf