Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran DAPIC-Problem-Solving Pendekatan PMRI Berbatuan Schoology
Main Article Content
Abstract
Pada penelitian ini, mengkaji tentang pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan schoology berkualitas dan dapat meningkatkan literasi matematika, kemandirian belajar berpengaruh terhadap literasi matematika siswa pada pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan schoology, dan deskripsi kemampuan literasi matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan schoology. Materi yang dikaji pada penelitian ini adalah aritmetika social. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII pada salah satu SMP Negeri di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dan penentuan subjek dengan teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian ini yaitu dua siswa pada masing-masing kelompok siswa dengan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan schoology berkualitas dan dapat meningkatkan literasi matematika, yang ditunjukkan dengan perencanaan/persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik; (2) kemandirian belajar berpengaruh terhadap literasi matematika siswa pada pembelajaran DAPIC-Problem-Solving pendekatan PMRI berbantuan schoology sebesar 55,3%; dan (3) kemampuan literasi matematika pada siswa dengan kemandirian belajar tinggi, menonjol pada komponen communication dan using mathematics tools; kemampuan literasi matematika pada siswa dengan kemandirian belajar sedang, menonjol pada komponen communication, representations, dan using mathematics tools; dan kemampuan literasi matematika pada siswa dengan kemandirian belajar rendah, menonjol pada komponen communication, representations, using symbolic, formal and technical language operation, dan using mathematics tools.
Article Details
References
Afriyanti, I., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1): 608-617. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20202 [diakses 29-11-2018].
Astuty, E. S. W., S. B. Waluya., & Sugianto. (2019). Mathematical Reasoning Ability Based on Self-Regulated Learning by Using The Learning of Reciprocal Teaching with RME Approach. UJMER, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1): 49-56. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/25938 [diakses 29-03-2019].
Danielson. 2013. Danielson 2013 Rubric – Adaptes to New York Department of Education Framework for Teaching Components. Online. Tersedia di https://erhsnyc.entest.org/ourpages/Danielson%20Rubric.pdf [diakses 01-10-2018]
Faroh, N., Y. L. Sukestiyarno, & I. Junaedi., (2014). Model Missouri Mathematics Project Terpadu dengan TIK untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. UJMER, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2): 98-103 Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/7010. [diakses 20-03-2019].
Hidayati, K. & E, Listyani. (2010). Improving Instruments of Students’ Self-Regulated Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 14(1): 1-18. Tersedia di http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Kana%20Hidayati,%20M.Pd./Pengembangan%20Instrumen.pdf. [diakses 20-12-2018].
Kusumantara, K. S., G. S. Santyadiputra., N. Sugihartini. (2017). Pengaruh e-learning Schoology Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital dengan Model Pembelajaran SAVI. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2): 126-135. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/716 [diakses 29-11-2018]
Legowo, T., K. Kartono., & A. Binadja. (2014). Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning Berorientasi Environmental Based Education. UJMER, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2): 1-11. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/7011 [diakses 25-02-2019].
Lestari, K. E. & M. R. Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertasi dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis) (2nd ed). Bandung: PT Refika Aditama.
Makhmudah, S. (2018). Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Pendidikan Karakter Mandiri. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1): 318-325. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20125 [diakses 08-10-2018].
Masriah, M., Y. L. Sukestiyarno, & B. E. Susilo. (2015). Pengembangan Karakter Mandiri dan Pemecahan Masalah melalui Model Pembelajaran MMP Pendekatan ATONG Materi Geometri. UJME, Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2): 157-163. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/7598/5260 [diakses 08-10-2018].
Ricky Fahmy, A. F., Wardono, W., & Masrukan, M. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Rme Berbantuan Geogebra. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 559-567. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20198
Rosita, A., Wardono, & Kartono. (2018). Discovery Learning – PMRI in Improving Mathematics Literacy of Junior High School. UJMER, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1): 35-39. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/23990 [diakses 29-03-2019].
Sumirattana, S., A. Makanong, & S. Thipkong. (2017). Using Realistic Mathematics Education and the DAPIC Problem-Solving Process to Enhance Secondary School Students' Mathematical Literacy. Kasetsart Journal of Sosial Sciences, 38(3): 307-315. Tersedia di https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2452315117303685 [diakses 03-10-2018].
Nolaputra, A. P., Wardono, W., & Supriyono, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1): 18-32. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19672 [diakses 08-11-2018].
OECD. 2017a. PISA 2015: PISA Result in Focus. Tersedia di http://www.oecd.org/ [diakses 01-10-2018].
OECD. 2017b. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving, revised edition, PISA. Paris: OECD Publishing. Tersedia di https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/9789264281820-en.pdf [diakses 01-10-2018].
Suherman et al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.
Wardono, W., S. B. Waluya., Kartono, K., M. Mulyono., & S. Mariani. (2018). Literasi Matematika Siswa SMP Pada Pembelajaran Problem Based Learning Realistik Edmodo Schoology. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1): 477-497. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20138 [diakses 01-12-2018].
Wardono, W., & A. W. Kurniasih. (2015). Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. KREANO, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1): 93-100. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/4978 [diakses 05-10-2018].
Warsito, M. B. & Djuniadi, D. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 4(1): 91-99. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20198 [diakses 03-12-2018].
Wicaksana, Y., Wardono, W., & S. Ridlo. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. UJMER, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2): 167-174. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/20475 [diakses 14-11-2018].