Analisis Game Theory pada Strategi Bersaing Grab dan Go-Jek di Kabupaten Kebumen
Main Article Content
Abstract
Fenomena kehadiran layanan ojek online di Kebumen menimbulkan dampak adanya persaingan antar penyedia layanan transportasi online Grab dan Gojek di Kebumen. Dalam penelitian ini digunakan analisis game teori untuk mengetahui strategi terbaik yang dapat digunakan oleh kedua penyedia layanan transportasi online tersebut. Penelitian ini menggunakan delapan atribut pemasaran yaitu praktis, hemat biaya, keamanan, kenyamanan, promo, ketersediaan armada, pembayaran non tunai, dan kelengkapan fasilitas. Dari hasil penelitian diketahui nilai optimal sebesar 34. Adapun strategi terbaik yang digunakan oleh Grab untuk memperoleh keuntungan maksimal adalah strategi kenyamanan dan promo voucher dengan proporsi masing-masing sebesar 50%, sedangkan untuk Gojek strategi yang digunakan untuk memperkecil kekalahannya adalah atribut hemat biaya sebesar 20 % dan atribut keamanan sebesar 80%.
Article Details
References
Anindhita, W., Arisanty, M., & Rahmawati, D. (2016). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online (Studi pada Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi). Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC.
Buchari, A. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Jenar. 2015. Pengembangan Model Game Theory pada Skema Persediaan Penyangga untuk Menjamin Ketersediaan dan Kestabilan Harga Komoditas Gula Pasir. Jurnal Teknik Industri X (2).
Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran jilid 1 edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Subagyo, P. (2009). Dasar¬ – Dasar Operation Research. Edisi 2. Yogyakarta : BPFE.