Eksplorasi Etnomatematika Terkait Aktivitas Fundamental pada Rumoh Aceh
Main Article Content
Abstract
Kebudayaan Indonesia yang dapat dikaji melalui etnomatematika salah satunya adalah rumah adat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan sejarah dan filosofi dari Rumoh Aceh (2) mendeskripsikan aktivitas fundamental pada rumah adat Rumoh Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat (1) aspek sejarah dari Rumoh Aceh yaitu mengandung filosofi dari norma yang berlaku menurut syariat Islam (2) Aspek matematis pada Rumoh Aceh menurut Bishop: a) Counting meliputi jumlah tiang, ruangan, dan anak tangga. b) Measuring meliputi ukuran dalam bilangan seperti aturan ukuran dan alat ukur tradisional. c) Locating meliputi penentuan arah hadap rumah. d) Designing meliputi desain ornamen dan ukiran rumah. e) Playing meliputi upacara dan aturan adat proses pembangunan. f) Explaining meliputi struktur rumah knock down dan tanpa paku yang tahan gempa.
Article Details
References
Bishop, A. J. (1997). Mathematical Enculturation: A Cultural Perspective on Mathematics Education (Third Prin). Kluwer Academic Publishers.
d’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/40247876
Hadi, D. W., Dananto, W. A., Sambodo, N., & Mas’ad. (2021). Statistik Kebudayaan 2021 (1st ed.; W. Permanawiyat, Ed.). Tangerang Selatan: Pusat Data dan Teknologi Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian dan Kebudayaan.
Haikal, R., & Syam, H. M. (2019). Makna Simbolik Arsitektur Rumoh Adat Aceh (Studi pada Rumah Adat Aceh di Pidie). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 4(4), 1–13.
Hairumini, Setyowati, D. L., & Sanjoto, T. B. (2016). Kearifan Lokal Rumah Tradisional Aceh Sebagai Warisan Budaya Untuk Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami. Journal of Educational Social Studies, 5(1), 89–96.
Hasbi, R. M. (2017). Kajian Kearifan Lokal Pada Arsitektur Tradisional Rumoh Aceh. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan Dan Lingkungan, 7(1), 1–16.
Kucuk, A. (2014). Ethnomathematics in Anatolia-Turkey: Mathematical Thoughts in Multiculturalism. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 7(1), 171–184.
Maulin, S., Zuriana, C., & Lindawati. (2019). Makna Motif Ragam Hias Pada Rumah Tradisional Aceh Di Museum Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, 4(1), 78–96.
Naguyb. (2017). Upacara Peusijuk Rumah Baru. Retrieved from Steemit website: https://steemit.com/life/@naguyb/upacara-peusijuk-rumah-baru
Novelia, T. (2021). Kajian Etnomatematika pada Rumah Kebaya Betawi dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Matematika.
Purbaningrum, M., Cahyani, C. M., Bilad, D. I., Wulandari, E. A., Dewi, D. L., Afifah, N., … Kusuma, R. A. R. (2021). Etnomatematika Beberapa Sistem Budaya di Indonesia (1st ed.). Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Putra, R. A., & Ekomadyo, A. S. (2015). Penguraian Tanda (Decoding) pada Rumoh Aceh dengan Pendekatan Semiotika (Elaboration of Sign (Decoding) of Rumoh Aceh Using Semiotics Approach). Tesa Arsitektur, Journal of Architectural Discourses, 13(1), 1–14. Retrieved from http://journal.unika.ac.id/index.php/tesa/article/view/354
Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.37
R.N., H. (2018). Arsitektur Rumah Tradisional Aceh (Djamari, Ed.). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Ruliani, Pasya, G. K., & Yani, A. (2019). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Arsitektur Rumoh Aceh Dalam Mitigasi Bencana Tsunami. Jurnal Pendidikan Geosfer, 4(1), 1–10.
Sahputra, Z., Meutia, E., Heru, M., & Edytia, A. (2020). Teknologi Konstruksi Arsitektur Rumoh Aceh. Prosiding Struktur Dalam Arsitektur 2020, 41–48.
Trandililing, P. (2015). Etnomatematika Toraja (Eksplorasi Geometri Budaya Toraja). Jurnal Imiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 47–57.
Umrati, & Wijaya, H. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. (Online). (https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Data_Kualitatif_Teori_Konsep_da/GkP2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Metode+penelitian+kualitatif+disebut+pula+metode+penelitian+naturalistik+karena+penelitian+tersebut+dilakukan+pada+kondisi+yang+alami+atau+natural, diakses: 10 September 2021).
Yuningsih, N., Nursuprianah, I., & Manfaat, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Rancang Bangun Rumah Adat Lengkong. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 1–13. Retrieved from journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpmj/article/view/19517