Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Betang Ensaid Panjang Kalimantan Barat
Main Article Content
Abstract
Etnomatematika merupakan kajian tentang penerapan matematika yang digunakan dalam suatu budaya tertentu. Etnomatematika adalah matematika yang bertumbuh dan berkembang dalam kebudayaan serta adat istiadat masyarakat pada suatu daerah tertentu. Pada penelitian ini akan mengkaji mengenai etnomatematika pada rumah adat khususnya rumah Adat Betang yang ada di desa Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Tujuan penelitian yaitu untuk mengkaji dan mendeskripsikan unsur-unsur matematis pada rumah adat Betang Ensaid Panjang berdasarkan enam aktivitas fundamental matemais menurut Bishop. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa rumah Betang merupakan sebuah rumah panggung yang terdapat aktivitas matematis pada rancang bangunannya meliputi aktivitas menghitung, menempatkan lokasi, mengukur, mendesain, bermain serta aktivitas menjelaskan. Dalam aktivitas fundamental ditemukan unsur-unsur matematika seperti: konsep bangun datar (segitiga, trapesium, persegi panjang), konsep bangun ruang (tabung), konsep garis dan juga adanya konsep pola ruang.
Article Details
References
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Hamidah, N., & Garib, T. W. (2014). Studi Arsitektur Rumah Betang Kalimantan Tengah. Jurnal Arsitektur Melayu Dan Lingkungan, 1(2), 19–35.
Pawa, J. P. (2014). Rencana Penataan Lanskap Desa Wisata Secara Partisipatif Di Ensaid Panjang Sintang Kalimantan Barat. Jurnal Lanskap Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.29244/jli.2014.6.1.17-23
Wahyuni, A., Aji, A., & Tias, W. (2013). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118. https://osf.io/preprints/na9pu/
Wardi, E., At, M. R., & Sayu, S. (2019). Eksplorasi Konsep Matematika Pada Tradisi Cocok Tanam Padi Masyarakat Kabupaten Sambas. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33552