Kajian Etnomatematika: Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Joglo Tumiyono di Klaten Jawa Tengah

Main Article Content

Dominika Dies Agra Pitaloka
May Susanti

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Salah satu warisan budayanya adalah rumah adat tradisional joglo. Joglo Tumiyono merupakan salah satu bangunan joglo yang berada di Klaten, Jawa Tengah. Kebudayaan perlu dikenalkan dan dilestarikan kepada anak cucu sehingga kebudayaan tersebut dapat terus melekat dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menerapkan unsur-unsur kebudayaan ke dalam pembelajaran. Matematika merupakan salah satu bidang ilmu pendidikan yang dapat menggabungkan unsur-unsur kebudayaan sehingga lebih dapat dirasakan di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai aspek-aspek fundamental matematis yang terdapat pada joglo Tumiyono. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa pada bagian struktur dan ornamen pada joglo Tumiyono memiliki aspek-aspek matematis. Aspek-aspek matematis yang terkandung dalam struktur dan ornamen pada rumah adat Joglo Tumiyono adalah konsep bangun datar berupa trapesium, segitiga, persegi, persegi panjang, dan lingkaran, bangun ruang yaitu, balok, konsep transformasi geometri yaitu pencerminan (refleksi) dan pergeseran (translasi), pythagoras, garis sejajar, dan sudut.

Article Details

How to Cite
Pitaloka, D., & Susanti, M. (2022). Kajian Etnomatematika: Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Joglo Tumiyono di Klaten Jawa Tengah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 254-261. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54165
Section
Articles

References

Bishop. (1988). THE INTERACTIONS OF MATHEMATICS EDUCATION WITH CULTURE.
Eka, R. (2015). Karakteristik Rumah Adat Gorontalo. Jurnal Arsitektur, Kota Dan Permukiman (LOSARI) KARAKTERISTIK., h:7-11, 7–11.
Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3183
Nanga, M. Y., & Suwarsono. (2019). Eksplorasi Aspek Etnomatematika pada Rumah Adat Kampung Sawu Nusa Tenggara Timur. Prosiding Sendika, 5(1), 23–30. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/618
Novrika, D., Ilma, R., & Putri, I. (2016). Menggunakan Motif Kain Batik untuk Siswa Kelas VII. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 607–626.
Prabaningrum, C. P. (2019). Etnomatematika Pada Karya Seni Batik Bayat. Senatik, 2001, 168–176. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/55
Rahmawati Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942
Sandhi, N. S. A., Trapsilasiwi, D., Yudianto, E., Suharto, & Sugiarti, T. (2018). Etnomatematika Pola Tarian Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi Sebagai Inspriasi Pengembangan Paket Tes Geometri. Kadikma, 9(3), 160–170.
Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1537
Wulandari, M. R., Tamu, Y., & Nuhamara, I. (2015). Eksplorasi tenun ikat sumba timur ditinjau dari etnomatematika. 36, 105–115.
Zulkifli, A., & Ika, R. (2020). Eksplorasi Rumah Adat Joglo Pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jpgsd, 08(3), 591–600.