Studi Literatur: Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Cielo Dewi Cahyani
Amin Suyitno
Emi Pujiastuti

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika, dibutuhkan rasa ingin tahu yang tinggi untuk dapat menunjang keberhasilan belajar. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah. Sikap rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kreatif dapat ditumbuhkan dalam penerapan suatu model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan rasa ingin tahu serta kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Dalam penelitian ini, peneliti mencari data atau informasi yang terkait dengan model pembelajaran blended learning, kemampuan berpikir kreatif, dan rasa ingin tahu siswa. Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu, peneliti juga menyimpulkan beberapa indikator untuk mengukur rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran dengan model blended learning, diantaranya yaitu: (1) melakukan eksplorasi mengenai materi yang terkait, (2) memiliki keinginan untuk mengetahui yang lebih dalam, (3) berusaha menggali informasi dari sumber lain, dan (4) mengajukan pertanyaan baik kepada guru maupun teman.

Article Details

How to Cite
Cahyani, C., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Studi Literatur: Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 272-281. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54167
Section
Articles

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan. FIKROTUNA Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 855–866. ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/download/3169/2359/
Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11, 195–201.
Aspers, P., & Corte, U. (2019). What is Qualitative in Qualitative Research. Qualitative Sociology, 42(2), 139–160. https://doi.org/10.1007/s11133-019-9413-7
Bhakti, C. P., & Ghiffari, M. A. N. (2018). Blended Learning: Alternative Method of Core Curriculum to Improve 21th Century Student’s Creative Thinking Skills. International Colloquium: Opportunities and Challenges on Education Management in 21st Century, 1(1), 125–130.
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Haifatudzikroh, S. (2019). Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Rasa Ingin Tahu. Seminar Nasional Pendidikan, 455–464. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/66
Hopkins, D., Craig, W., & Knight, O. (2015). Curiosity and powerful learning. Sydney: McREL Australia.
Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562
Kashdan, T. B., Gallagher, M. W., Silvia, P. J., Winstertein, B. P., Breen, W. E., Terhar, D., & Steger, M. F. (2009). The curiosity and exploration inventory-II: Development factor structure, and psychometrics. Journal of Research in Personality, 43(6), 987–998. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jrp.2009.04.011
Kho, R., Tyas, D. K. N., & Cenderawasih, U. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika bagi Guru-guru SD YPK Yoka Baru Waena Kota Jayapura. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(2), 97–100.
Khoiroh, N., Munoto, & Anifah, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110.
Mandari Arbia, S., Maasawet, T., & Masruhim, M. A. (2020). The Development of Learning Tools Oriented Industrial Revolution 4.0 to Improve Students’ Creative Thinking Skills. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 51(2), 117–131. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied
Mardhiyana, D., & Nasution, N. B. (2018). Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan E-Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 2007, 31–35. https://www.mendeley.com/catalogue/7e528aa1-9db8-32c2-b78d-3b8c1724d3aa/%0Ahttp://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1034/pdf
Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339
Mohzana, Murcahyanto, H., & Fahrurrozi, M. (2021). KEMAMPUAN GURU DALAM MENILAI ASPEK AFEKTIF. Journal of Education and Instruction, 4(1), 243–248.
Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808
Özkan, G., & Umdu Topsakal, U. (2020). The Impact of Nature Education on Turkish Students’ Affective Tendencies towards the Environment and Scientific Curiosity. Journal of Curriculum and Teaching, 9(2), 95. https://doi.org/10.5430/jct.v9n2p95
Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3275
Qolbi, M. S., At Thaariq, Z. Z., Az-Zahroh, S. F., Anwar, M. M., & Faiza, N. (2019). Design and Development of Game Based Learning Applications for Mathematics Learning Based on Multiple Language to Develop Verbal Capabilities. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 26(2), 51–56. https://doi.org/10.17977/um047v26i22019p051
Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa [Measuring Students’ Curiosity]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 151. https://doi.org/10.19166/pji.v14i2.832
Rahman, R. (2012). Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Infinity Journal, 1(1), 19. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.4
Rochmad, R., & Ulinnuha, R. (2020). Blended learning Menggunakan Gnomio untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 476–481. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37647
Setiana, D. S., & Santosa, R. H. (2020). Effectiveness of Mathematical Learning Model to Stimulate Critical Thinking on Mathematics Learning Outcomes of High School Students. Indonesian Journal of Mathematics Education, 3(1), 23. https://doi.org/10.31002/ijome.v3i1.2331
Solehuzain, & Dwidayati, N. K. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 103–111.
Solihin, Y. (2017). PENERAPAN MODEL MULTILITERASI INVESTIGASI UNTUK MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Di Kelas V SDN 2 Jayagiri Lembang). http://fkip.unpas.ac.id/
Sya’roni, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Blended Learning Tipe Flipped Classroom Berbasis Lesson Study For Learning Community … [Universitas Jember]. In repository.unej.ac.id. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104668
Utari, W., Hikmawati, V. Y., & Gaffar, A. A. (2020). Blended Learning : Strategi Pembelajaran Alternatif Di Era New Normal. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0,” 262–269.
Wijaya, L., Rochmad, & Agoestanto, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Vii Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2), 84–91. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11401
Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 60–78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915
Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261
Yasa, I. W. P., Arta, K. S., & Purnawati, D. M. O. (2020). Workshop Blended Learning Bagi Guru Smk Widya Dharma Bali , Kecamatan Sukasada , Kabupaten Buleleng-Bali. Proceeding Senadimas Undiksha 2020, 277–289.