Kajian Teori: Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK

Main Article Content

Dwi Putri Ivane
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Matematika dipandang sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah yang memiliki peranan penting dalam menciptakan siswa yang berkualitas. Salah satu kemampuan dasar yang perlu ditingkatkan dalam belajar matematika dari aspek kognitif siswa adalah kemampuan pemecahan masalah. Di samping aspek kognitif, aspek lain yang perlu dibangun adalah aspek afektif, dalam hal ini self-regulated learning. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran merupakan bentuk upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada abad ke-21. Model pembelajaran yang sesuai digunakan pada era modern saat ini adalah model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan kajian bagaimana kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari self-regulated learning pada pembelajaran Preprospec berbantuan TIK. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan sumber berupa artikel, jurnal, dan dokumen lain yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian selanjutnya perlu dianalisis lebih lanjut bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari self-regulated learning dengan mengimplementasikan model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK.

Article Details

How to Cite
Ivane, D., & Dewi, N. (2022). Kajian Teori: Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 290-296. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54188
Section
Articles

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT Rineka Cipta.
Anas, P. S., & Alsa, A. (2016). Strategi Self-Regulated Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 2(3), 142–155. https://doi.org/10.22146/gamajpp.41764
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Batlolona, J. R., Baskar, C., Kurnaz, M. A., & Leasa, M. (2018). The Improvement of Problem-Solving Skills and Physics Concept Mastery on Temperature and Heat Topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3), 273–279. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i3.12432
Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157–268.
Camahalan, F. M. G. (2006). Effects of Self-Regulated Learning on Mathematics Achievement of Selected Southeast Asian Children. Journal of Instructional Psychology, 33(3), 194–205.
Dewi, N. R. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Penerbit Lakeisha.
Dewi, N. R., Munahefi, D. N., & Azmi, K. U. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 256–265.
Dinata, P. A. C., Rahzianta, & Zainuddin, M. (2016). Self Regulated Learning Sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 1(1), 139–146.
Gunantara, G., Suargana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Handaka, I. B., Saputra, W. N. E., & Alhadi, S. (2019). Perbedaan Self-Regulated LearningSsiswa SMP di Yogyakarta Berdasarkan Keberadaan Kedua Orang Tua. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 14. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.3416
Husna, & Burais, F. F. (2018). Penggunaan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jurnal Peluang, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.24815/jp.v6i2.12719
Khatib, S. A. Al. (2010). Meta-Cognitive Self-Regulated Learning and Motivational Beliefs as Predictors of College Students’ Performance. International Journal for Research in Education (IJRE), 27, 57–72.
Latipah, E. (2015). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 37(1), 110 – 129. https://doi.org/10.22146/jpsi.7696
Lestari, N. A., Widada, W., & Zamzaili. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Self Regulated Learning in Mathematics Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa di SMA Negeri 2 Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 188–160.
Marchis, I., & Balogh, T. (2010). Secondary School Pupils’ Self-Regulated Learning Skills. Acta Didactica Napocensia, 3(3), 47–52.
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186.
Marwazi, M., Masrukan, & Putra, N. M. D. (2019). Analysis of Problem Solving Ability Based on Field Dependent Cognitive Style in Discovery Learning Models. Journal of Primary Education, 8(2), 127–134.
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 180–185.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teacher of Mathematics.
Pimta, S., Tayruakham, S., & Nuangchale, P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences, 5(4), 381–385. https://doi.org/10.3844/jssp.2009.381.385
Polya. (1973). How to Solve it. Princeton University Press.
Rasmin, Sudia, M., & Kadir. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2), 85–95.
Siahaan, S. (2013). Menuju Arah Pendidikan Berkualitas di Daerah Tertinggal dan Perbatasan Melalui Pemanfaatan TIK. Jurnal Teknodik, 17(1), 596–605.
Suharli. (2015). Teori Belajar Dan Model Penerapannya Dalam Pembelajaran. In Pengemabangan Model Pembelajaran IPS.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. UPI JICA.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.
Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2), 31–38.