Penentuan Metode Kendali yang Optimal untuk Kestabilan Rolling Kapal Perang Indonesia

Main Article Content

Ii Munadhif
Mat Syaiin
Joko Endrasmono
Joko Endrasmono

Abstract

Kapal perang Indonesia yang dimiliki oleh TNI AL digunakan untuk menjaga keamanan perairan Indonesia. Kemampuan manuver kapal sangat penting agar dapat menjalankan tugas dengan maksimal. Salah satu strategi peningkatan kemampuan manuver adalah stabilisasi rudder roll untuk menjaga sudut yaw dan sudut roll dengan aktuator rudder. Pada umumnya stabilisasi rudder roll menggunakan kendali PID. Namun kenyataannya tuning parameter PID secara manual dan konvensional membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan respon terbaik. Pada penelitian ini menentukan metode kendali yang optimal untuk kestabilan rolling Kapal perang Indonesia. Metode yang diuji terhadap sistem adalah PID, Particle Swarm Optimization (PSO)-PID dan fuzzy. Penelitian dilakukan secara simulasi. Hasil simulasi yaitu membandingkan kendali PID dengan PSO, kendali PID Ziegler Nichols (ZN) dan fuzzy. Saat heading 20o kendali PID dengan PSO menghasilkan maximum overshoot 20.55% dan roll steady state 110 sekon. PID ZN menghasilkan maximum overshoot 52.5% dan roll steady state 112 sekon. Logika fuzzy menghasilkan maximum overshoot 26.6% dan tidak memiliki roll steady state.

Article Details

How to Cite
Munadhif, I., Syaiin, M., Endrasmono, J., & Endrasmono, J. (2022). Penentuan Metode Kendali yang Optimal untuk Kestabilan Rolling Kapal Perang Indonesia. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 767-772. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54321
Section
Articles

References

Herrero, Elias R. Rodriguez, M Tomas, & Velasco, Fransisco. (2014). Iterative Lead Compensation Control of Nonlinear Marine Vessels Manoeuvring Models. Aplied Ocean Research 48, hal 266-276.
Himam, M. Faikhul. Letda Laut. (2013). Kri Sultan Hasanudin 366.pdf. Satuan Kapal Eskorta Ko-Armatim. Surabaya.
Hui Li, Xiao Shen, Cong Shen, & Chen Guo. (2018). Adaptive backstepping sliding mode control for rudder/fin joint roll stabilization system. Proceedings of the 37th Chinese Control Conference, hal 322-326. Wuhan, China.
K. Ang, G. Chong, & Y. Li. (2005). PID control system analysis, design and technology. IEEE Trans. Control System Technology. Vol. 13, pp.559-576.
Kennedy, J. & Eberhart, C. (1995). Particle Swarm Optimization. Proceedings of the 1995 IEEE International Conference on Neural Networks. Australia. pp. 1942-1948.
Lihua Liang, Peng Zhao, & Songtao Zhang. (2018). Research and simulation of ship roll control in turning motion. Proceedings of the 37th Chinese Control Conference, hal 3841-3846. Wuhan, China.
Peter H. Heins, Bryn LI. Jones, & Dominic J. Taunton. (2017). Design and validation of an unmanned surface vehicle simulation model. Applied Mathematical Modelling.
Peng Xiuyan, Hu Jincai, & Sun Tao. (2015). Rudder roll stabilization based on sliding mode variable structure control research. Proceedings of the 34th Chinese Control Conference, hal 2373-2378. Hangzhou, China.
T. Perez, & M. Blanke. (2010). Ship Roll Motion Control. (Online). (https://backend.orbit.dtu.dk/ws/portalfiles/portal/4663353/2010_IFAC_CAMS_Perez_Blanke.pdf, daikses pada 10 maret 2021)