Tinjauan Filsafat Matematika Geometri Fraktal dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Dewi Isabella Palma
Eliana Nadiasari

Abstract

Abstrak


Matematika diciptakan oleh manusia berdasarkan kebutuhan dan fenomena yang dijumpai. Begitu juga geometri fraktal, dimana bagian dari pengembangan geometri klasik dan memiliki peran penting dalam penyajian objek alam seperti salju, stalaktit, pohon, daun, dan sebagainya. Pentingnya geometri fraktal dalam bidang keilmuan dapat membantu mendeskripsikan berbagai pola yang tidak biasa di alam dan lebih cocok untuk memodelkan dan memprediksi tentang fenomena alam. Sayangnya, pada kurikulum di sekolah belum ada pengenalan mengenai geometri fraktal. Geometri fraktal ini penting karena konsep matematika yang ada pada geometri fraktal dapat mengasah kreativitas siswa dalam melakukan proses integrasi yang ada pada fenomena tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui sejarah geometri fraktal, 2) Mengetahui dasar konsep geometri fraktal, 3) Deskripsi implikasi geometri fraktal dalam pembelajaran matematika. Metode dalam penelitian ini adalah kajian kepustakaan. Penelitian ini menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data dan acuan dalam melaksanakan penelitian, yaitu buku, jurnal dan sumber lainnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan  geometri fraktal muncul ketika ditemukan struktur matematika yang tidak sesuai dengan pola euclid dan newton pada matematika abad 20. Kemunculan dan keberadaan geometri fraktal secara matematis bahwa konsep geometri fraktal bertumpu pada kemiripan diri sendiri dan ukuran sehingga objek dapat diproyeksikan dalam berbagai ukuran dan berulang menjadi unik. Implikasi dalam pembelajaran matematika adalah geometri fraktal perlu dikenalkan melalui pembelajaran matematika sebagai pondasi perkembangan geometri fraktal karena perkembangan terapan geometri fraktal diberbagai bidang berlangsung hingga saat ini. Adapun cara yang sesuai untuk mengenalkan fraktal pada sekolah menengah yaitu menggunakan konsep matematis deret geometri, menggunakan software untuk mengkonstruk bentuk, dan membuat bangun-bangun unik dari konsep dasar geometri klasik.

Article Details

How to Cite
Palma, D., & Nadiasari, E. (2022). Tinjauan Filsafat Matematika Geometri Fraktal dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 14-20. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54333
Section
Articles

References

Barnsley, M. F., Devaney, R. L., Peitgent, H.-O., Saupe, D., & Voss, R. F. (1988). The Science of Fractal Images. Springer-Verlag.
Berlinghoff, W. P., & Gouvea, F. Q. (2004). Math Through The Ages: A Gentle History for Teacher and Others. Oxton House.
Bowers, C. S. (1991). On Teaching and Learning The Concept of Fractal. Doctoral Disertation,Concordia University.
Falconer, K. (1990). Fractal Geometry: Mathematical Foundations and Application. JOHN WILEY & SONS.
Falconer, K. (2003). FRACTAL GEOMETRY : Mathematical Foundations and Aplications. In Wiley. JOHN WILEY & SONS.
Huda, N. T. (2018). Kajian Aspek Geometri Fraktal Candi Prambanan Dan Pengenalan Dimensi Fraktal Pada Siswa SMA. Universitas Sanata Dharma.
Mandelbrot, B. B. (1982). The Fractal Geometry Of Nature. W. H. FREEMAN AND COMPANY.
Romadiastri, Y. (2013). Batik Fraktal:Perkembangan Aplikasi Geometri Fraktal. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 1, No, 7. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/484
Siswono, T. Y. E. (2006). PMRI: Pembelajaran Matematika yang Mengembangkan Penalaran, Kreativitas dan Kepribadian Siswa. In Makalah Workshop Pembelajaran Matematika di MI “Nurur Rohmah”.