Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas XI

Main Article Content

Nurul Fajriyati Afdila
Abdul Manaf

Abstract

Abstrak


Kemampuan koneksi matematis perlu dikembangkan pada proses pembelajaran matematika, karena memiliki kemampuan koneksi matematis yang baik dapat memudahkan siswa mempelajari hal- hal baru dalam mempertahankan konsep yang sudah dipahaminya agar bertahan lama. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menghubungkan antar konsep yang telah dipelajari dengan konsep yang akan dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis yang dimiliki siswa pada materi rumus jumlah dan selisih dua sudut dan sudut ganda. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 8 siswa kelas XI dengan menggunakan teknik purpose sampling. Pengumpulan data di peroleh dari tes kemampuan koneksi matematis yang berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis tes diperoleh kesimpulan yaitu kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI SMA IT Imam Syafii 2 Pekanbaru memperoleh persentase sebesar 62,5% dengan kategori kemampuan sedang. Ditinjau dari indikator soal tes koneksi siswa dalam menggunakan hubungan antar topik yang sama diperoleh persentase pencapaian sebesar 78,12% dengan kategori tinggi, koneksi siswa dalam menggunakan konsep matematika dengan konsep matematika lainnya diperoleh persentase pencapaian sebesar 71,87% dengan kategori tinggi, dan koneksi dalam menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari diperoleh persentase pencapaian sebesar 34,37% dengan kategori rendah.

Article Details

How to Cite
Afdila, N., & Manaf, A. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas XI. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 28-35. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54336
Section
Articles

References

Amin, M. S., Kartono, K., & Rachmani Dewi, N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 754-758. Semarang.
Andrechiana Supriyadi, E., Suharto, S., & Hobri, H. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Nctm (National Council Of Teachers Of Mathematics) Siswa Smk Kelas Xi Jurusan Multimedia Pada Pokok Bahasan Hubungan Antar Garis. KadikmA, 8(1), 128-136.
Citra, Dkk. (2016). Implementation Of Brain-Based Learning Model To Increase Students’ Mathematical Connection Ability On Trigonometry At Senior High School. Jurnal Proceedings Of The 2018 2nd International Conference On Education And E-Learning. Stkip Singkawang.
Dwiwandira, Nurul R., Tsurayya, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Pengaplikasian Kalkulus pada Turunan. Jurnal Cendikia, Jurnal Pendidikan Mateatika, Vol 05, No. 03.
Fajri, N., Hajidin, & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Koneksi & Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl). Jurnal Pendididikan Matematika, Paradikmadikma, 6(2), 149–161.
Hastiningrum, D., & Dwidayati, N. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas Vii Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Pembelajaran Meaningful Instructional Design Dengan Pendekatan Savi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 150-159. Semarang.
Lestari, K., E., & Yudhanegara, M., R., (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pt Refika Aditama.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teacher Mathematics.
Ni'mah, A. F., Setiawani, S., & Oktavianingtyas, E. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas Ix A Mts Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus Dan Balok. Jurnal Edukasi, 4(1), 30-33.
Ningsih, Arrum A., Utami, C., & Wahyuni, R. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Journal Of Educational Review And Research, 3(1), 6-13.
Ramdani, Y. (2006). Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika. Mimbar : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 1-14.
Rawa, Natalia R., Akbar S., & Sudirman (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Perbandingan Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika Univ. Malang. Malang.
Romiyansah, Karim, & Mawaddah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Ingkuiri Terbimbing. Edu-mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 88-95.
Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan Sma Dengan Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jipmat, 1(2).
Sawyer, A. (2008). Making Connection: Promomting Connectedness in Early Mathematics Education. Proceedings of the 30th annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia. Merga Inc. 429-435.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, Cv.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Supriyadi, E. W. A., Suharto, & Hobri. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan NCTM pada Pokok Bahasan Hubungan Antar Garis. Kadikma, Vol. 08 No.1, 128-136.
Z, Yulia R., Priatna, N., & Nurjannah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self-Concept Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Trigonometri. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.3 No.2. pp. 108-122.