Tinjauan Filsafat Metode Dialog Socrates dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Felisita Marcelliana atmojo
Yeni Danawak

Abstract

Abstrak


Dalam pembelajaran di sekolah guru akan mempergunakan media dan metode yang baik demi tercapainya  tujuan dari  pembelajaran yang sudah ditetapkan. Dengan demikian metode  sering digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah adalah metode socrates. Socrates merupakan salah satu filsuf dari Yunani yang terkenal mengenai filsafatnya yaitu pengajaran menggunakan percakapan. Metode dialog socrates merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan percakapan dan perdebatan dengan deretan pertanyaan dimana tujuannya dapat memecahkan permasalahan. Metode ini mendukung keterampilan yang perlu dikembangkan oleh siswa pada jaman modern ini ,yaitu keterampilan berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tinjauan filsafat Metode Dialog Socrates dalam pembelajaran,  (2) Implementasinya dalam pembelajaran matematika. Pada penelitian ini, peneliti menemukan adanya  hasil dari filsafat Socrates mengenai percakapan dalam pembelajaran yaitu tahapan Metode Dialog socrates dalam pembelajaran dengan tahapan: menyiapkan deretan pertanyaan, menuntun ekplorasi siswa, dan memberikan umpan balik mengenai benar-salahnya pemikiran siswa. Hasil penelitian selanjutnya, peneliti menemukam implementasi Metode Dialog Socrates berupa pertanyaan-pertanyaan dalam pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
atmojo, F., & Danawak, Y. (2022). Tinjauan Filsafat Metode Dialog Socrates dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 44-49. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54338
Section
Articles

References

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 06(01), 72–89.
Fajar, M. (2020). FILSAFAT MATEMATIKA SECARA ETIMOLOGI DAN TERMINOLOGI.
Khaliq, I., Azzahra, A., Safitri, A., & Muthmainnah, Nurul, R. (2017). Upaya meningkatkan daya berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan metode socrates kontekstual. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 23–30.
Mitha Ariesta, Suhar, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Socrates. 7(1), 15–28.
Pahlavi, S. R., Sutriyono, S., & Prihatnani, E. (2014). Pengaruh Metode Socrates Dalam Pembelajaran Bangun Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vii Smp Kristen Satya Wacana Tahun Ajaran 2013/2014. Satya Widya, 30(1), 28. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p28-33
Pangestuti, D. S., Latifah, N., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2019). Pengaruh Metode Socriates Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. 3(1), 85–94.
Parnabhhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat. 1(1), 11–14.
Sari, R. K. (2019). DESKRIPSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE SOCRATES DALAM PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SMP. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510
Setiawan, R. H. (2017). Penerapan metode socrates terhadap kemampuan literasi.
Sholihah, D. A., & Shanti, W. N. A. (2017). Diposisi berpikir kritis matematis dalam pembelajaran menggunakan metode socrates. Jkpm, 4(2), 1–9.
Susiani, K., & Suranata, K. (2017). Implementasi Metode Sokratik Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.30653/001.201711.4
Yuliana, I., & Fajriah, N. (2013). Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.550