Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Main Article Content

Solikhatun Marfu'ah
Zaenuri Zaenuri
Masrukan Masrukan
Walid Walid

Abstract

Abstrak


Model pembelajaran adalah teknik yang digunakan oleh guru untuk mengajar siswa di suatu mata pelajaran tertentu. Pemilihan model pembelajaran tentu perlu disesuaikan dengan bahan ajar yang digunakan, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Ada beberapa jenis model pembelajaran dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan literature review terhadap model pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan daya pikir siswa tentang matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tinjauan pustaka sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi, meninjau, menilai, dan menafsirkan semua artikel yang tersedia. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel jurnal nasional bersertifikat dari database Sinta Ristekbrin selama lima tahun terakhir (2016-2021). Berdasarkan tinjauan pustaka ini, kami menemukan bahwa siswa dapat meningkatkan keterampilan matematika mereka melalui berbagai model pembelajaran, termasuk model pembelajaran berbasis masalah, PMRI LSLC, Novick, Connected Mathematics Project, dan Discovery Learning.

Article Details

How to Cite
Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50-54. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339
Section
Articles

References

Depdiknas. (2006). No Title.
Elvis Napitupulu, E., Suryadi, D., & Kusumah, Y. S. (2016). Cultivating upper secondary students’ mathematical reasoning-ability and attitude towards mathematics through problem-based learning. Journal on Mathematics Education, 7(2), 117–128. https://doi.org/10.22342/jme.7.2.3542.117-128
Fadlurreja, R., Dewi, N., R., & Ridlo, S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran PACE. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 616–621.
Fajar Shadiq. (2014). Pembelajaran Matematika; Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Graha Ilmu.
Hendriana, H. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (N. F. Atif (ed.); 1st ed.). Refika Aditama.
Jäder, J., Sidenvall, J., & Sumpter, L. (2017). Students’ Mathematical Reasoning and Beliefs in Non-routine Task Solving. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4). https://doi.org/10.1007/s10763-016-9712-3
Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2.
Mulyani, A., Hartanto, H., & Zamzaili, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).
NCTM. (2000a). Principle and Standards for School Mathematics. VA.
NCTM. (2000b). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nurmala, R., Samparadja, H., & Salam, M. (2019). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KENDARI. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7406
Nussbaum, J., & Novick, S. (1982). Alternative frameworks, conceptual conflict and accommodation: Toward a principled teaching strategy. Instructional Science, 11(3). https://doi.org/10.1007/BF00414279
Octriana, I., Putri, R. I. I., & Nurjannah, N. (2019). PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN PMRI DAN LSLC. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 131–142. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6714.131-142
Rosnawati, R. (2013). KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP INDONESIA. 1–6.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Rajagrafindo Utama.
Yasin, M., Nasiroh, N., Fadila, A., Hartinah, S., & Novalia, N. (2020). Mathematical reasoning abilities: The Impact of Novick’s Learning and Somatic, Auditory, Visual, Intellectual Learning Styles. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 83–88. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.4907