Desain Website Pembelajaran Materi Limit Fungsi Aljabar

Main Article Content

Syintia Dewi Ananta Shinta Dewi
Yenita Roza
Maimunah Maimunah

Abstract

Abstrak


Proses pembelajaran saat ini mengharuskan guru untuk memberi kesempatan kepada siswa secara aktif dalam memperoleh pengetahuannya, sehingga membutuhkan dukungan bahan ajar yang menarik dan inovatif yang dapat menghantarkan siswa kepada informasi pembelajaran yang ingin dipelajarinya, salah satunya ialah website pembelajaran. Pada kenyataannya, guru matematika SMA/MA di Pekanbaru masih kesulitan dalam mempersiapkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswanya karena keterbatasan waktu dan kemampuan yang dimiliki guru, sehingga guru masih menggunakan bahan ajar yang diperoleh dari internet dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa website pembelajaran materi limit fungsi aljabar untuk membantu guru memfasilitasi siswa belajar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ialah model pengembangan Borg and Gall, pada artikel ini hanya disajikan sampai tahap perancangan, yaitu dengan merancang website pembelajaran materi limit fungsi aljabar berdasarkan hasil analisis pada tahap penelitian dan pengumpulan data. Website pembelajaran dikembangkan menggunakan software Microsoft FrontPage dan menyediakan beberapa menu, yaitu: 1) Home, menyajikan petunjuk penggunaan dan deskripsi singkat website; 2) KD dan peta konsep; 3) Materi, berisi video pembelajaran, e-modul, serta aplikasi pengolahan hasil belajar; 4) Rangkuman, menyajikan ringkasan/inti materi pembelajaran; dan 5) Tim perancang, berisikan profil singkat tim perancang website pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Shinta Dewi, S. D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Desain Website Pembelajaran Materi Limit Fungsi Aljabar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 65-75. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54343
Section
Articles

References

Anggoro, I.F., Yunianta, T.N.H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Materi Trigonometri Siswa Kelas XI. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 253 – 260.
Ahsana, M.G.K.,Cahyono, A.N., & Prabowo, A. (2021). Desain Web-apps-based Student Worksheet dengan Pendekatan Computational Thinking pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2020 Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Bahtiar, E.T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. Artikel disajikan dalam kegiatan Conference Paper di Bogor.
Dewi, S.D.A.S., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Faktor Penyebab Siswa tidak dapat Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 134-150.
Febrina, T., Leonard, Astriani, M.M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 27-36.
Hernawan, A.H., Permasih, Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat UPI. Bandung, 4(11).
Ismail, M.I. (2011). Pemberian Rangkuman Sebagai Strategi Pembelajaran. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 48-57.
Octaria, D., Zulkardi., Somakim. (2013). Pengembangan Website Bahan Ajar Turunan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43 (2), 107 – 115.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMA/MA.
Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. JPPM: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1-13.
Syahrir, & Susilawati. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 162-171.
Thahir, M., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Validity of Learning Website of Kapita Selekta Mathematics Course at UIN Suska Riau Students. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 19-25.
Yuniati, S. (2013). Peta Konsep (Mind Mapping) dalam Pembelajaran Struktur Aljabar. Gamatika: Jurnal Gagasan Matematika dan Informatika, 5(1), 129-139.