Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Barisan dan Deret

Main Article Content

Engsas Diniati Adifta
Atma Murni
Yenita Roza

Abstract

Abstrak


Keterlaksanan kurikulum 2013 ditentukan oleh kemampuan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran. Munculnya pandemi mengakibatkan kegiatan pembelajaran tatap muka tidak berlangsung optimal. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) perlu dimiliki peserta didik, namun hasil observasi pembelajaran dan studi literature menunjukkan bahwa KPMM peserta didik masih tergolong rendah. Guru perlu  merancang  perangkat pembelajaran daring yang dilakukan secara sinkron dan asinkron. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran daring menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM). Pembelajaran dilakukan dengan cara mengintregasikan penerapan sains, teknologi, teknik dan seni yang berlandaskan unsur-unsur matematis serta menerapkan langkah-langkah yang ada dalam PBL untuk memfasilitasi KPMM pada materi barisan dan deret. Metode pengembangan menggunakan model Borg and Gall yang  tahapan planning (perencanaan) menghasilkan desain pembelajaran daring menggunakan model PBL dengan pendekatan STEAM berbasis analisis permasalahan dan kebutuhan yang ditemui di sekolah. Desain perangkat pembelajaran daring meliputi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Video Pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Adifta, E., Murni, A., & Roza, Y. (2022). Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Barisan dan Deret. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 98-105. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54346
Section
Articles

References

Ardiyanti. N. M. D., Mahayukti, G. A., Sugiarta, I. M. (2020). Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Secara Daring di SMAN Kota Singaraja. Jurnal IKA. Vol 18 No 2
Budiana, D. K & Anton, J. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM Dalam Menunjang Kompetensi Siswa Abad 21. Prosiding (Makalah di Presentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMP)
Hendra, S. T & Siti, A. N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia
Iik, Nurhikmayati. (2019). Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics Vol.1 No 2
Padillah, A., Abdul, H., Martin, B., Asep, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematika Peserta didik Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1
Rezi, A & Hayatun, N. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS. Vol 1 No 2
Rizza, Y. , Hendra ,S., Yerizon. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pesera Didik Kelas VII. JNPM. Vol 1 No 2
Samsul, A., Kartono., Isti. H. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning disertai Remedial Teaching. EduMa
Yana, P., Muhammad, F. A., Martin, B. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-Langkah Menurut Polya. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol 3 No 4