Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Melalui Pembelajaran Daring
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah kalkulus integral melalui pembelajaran daring. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian terdiri dari dua orang mahasiswa dengan kemampuan tinggi dan rendah. Teknik pengumpulan data melalui tes pemahaman konsep, wawancara, dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian diperoleh mahasiswa dengan kemampuan tinggi telah mampu memahami konsep pada mata kuliah kalkulus integral, sedangkan mahasiswa dengan kemampuan rendah belum mampu memahami konsep pada mata kuliah integral
Article Details
How to Cite
Rahmawati, R., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Melalui Pembelajaran Daring. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 106-113. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54347
Section
Articles
References
Crossman, A. (2020). Purposive Sampling - Definition and Types. In Thoughtco.
Fanny Ahmad Fauzi, & Puji Lestari. (2020). Implementasi Pembelajaran Individual Head Number Berbasis Google Meet dan Classroom pada Materi Trigonometri. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2568
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. LawArXiv Papers.
Hoiriyah, I. D. (2020). Komparasi Tingkat Efektivitas Media Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Whatsapp dan Google Classroom ) Di Desa Pamaroh. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SENIAS) 2020, 19.
Karunia, E. P., & Mulyono. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar dalam Model Knisley. Prosiding Seminar Nasional Matematika. https://doi.org/10.1016/j.ijmecsci.2014.08.026
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3). https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173
National Council Of Teachers Of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics, 47(8).
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif : dalam Penelitian Pendidikan Bahasa / Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. In Surakarta : Farida Nugrahani, 2014 M (Vol. 1, Issue 1).
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Utari, R. S., & Utami, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu dan Tentu. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1). https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6820.39-50
Widyantara, V. (2020). Konsep, Penggunaan, Perbandingan, Kelebihan Dan Kekurangan Serta Implikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Vokasi Konstruksi Bangunan, May.
Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. WILANGAN, 1(3).
Fanny Ahmad Fauzi, & Puji Lestari. (2020). Implementasi Pembelajaran Individual Head Number Berbasis Google Meet dan Classroom pada Materi Trigonometri. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2568
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. LawArXiv Papers.
Hoiriyah, I. D. (2020). Komparasi Tingkat Efektivitas Media Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Whatsapp dan Google Classroom ) Di Desa Pamaroh. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SENIAS) 2020, 19.
Karunia, E. P., & Mulyono. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar dalam Model Knisley. Prosiding Seminar Nasional Matematika. https://doi.org/10.1016/j.ijmecsci.2014.08.026
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3). https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173
National Council Of Teachers Of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics, 47(8).
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif : dalam Penelitian Pendidikan Bahasa / Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. In Surakarta : Farida Nugrahani, 2014 M (Vol. 1, Issue 1).
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Utari, R. S., & Utami, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu dan Tentu. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1). https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6820.39-50
Widyantara, V. (2020). Konsep, Penggunaan, Perbandingan, Kelebihan Dan Kekurangan Serta Implikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Vokasi Konstruksi Bangunan, May.
Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. WILANGAN, 1(3).