Potensi Intuisi Matematis dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Main Article Content

Enika Wulandari
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi intuisi matematis dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tinjauan filsafat, intuisi merupakan terbenttuk dari empiris dan rasional secara berkelanjutan. Intuisi dikonstruksi oleh kedekatan (immediacy), penalaran (reasoning), dan penginderaan hubungan (the sensing of relationship). Kemampuan berpikir kritis merupakan bagian dari penalaran (reasoning). Potensi intuisi matematis dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis didasarkan pada teori bahwa 1) salah satu komponen intuisi adalah penalaran (reasoning); 2) intuisi berperan dalam pembuktian (proof).

Article Details

How to Cite
Wulandari, E., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Potensi Intuisi Matematis dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 114-119. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54348
Section
Articles

References

Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating critical thinking skill of junior high school in solving mathematical problem. International Journal of Instruction, 12(3). https://doi.org/10.29333/iji.2019.12345a
Baylor, A. L. (1997). A three-component conception of intuition: Immediacy, sensing relationships, and reason. New Ideas in Psychology, 15(2). https://doi.org/10.1016/S0732-118X(97)00016-0
Burton, L. (1999). Why is Intuition so Important to Mathematicians but Missing from Mathematics Education? For the Learning of Mathematics, 19(3).
Hersh, R. (1997). What is Mathematics, Really? In Oxford University Press (1st editio, Vol. 6, Issue 2). Oxford University Press.
Istiqlal, M. (2019). Dukungan Kemampuan Intuitif dalam Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 4(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.3982
Lailiyah, S. (2014). Penalaran Analogi: Tinjauan Tipe dan Komponennya. Seminar Nasional TEQIP EXCHANGE OF EXPERIENCES 2014.
OECD. (2019). PISA 2018 Results: Combined Executive Summaries Volume I, II & 3. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf
Purnomo, S. (2019). Otak Rasional dan Otak Intuitif dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 265. https://doi.org/10.22373/jm.v9i2.4211
Raya, R. (2016). Keterkaitan Teori Dual-Process dengan Heuristik dan Bias pada Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (1stSenatik) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI Universitas PGRI Semarang. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SENATIK2016/senatik/paper/view/1103/1052
Schafersman, S. D. (1991). An Introduction to Critical Thinking. http://www.freeinquiry.com/critical-thinking.html
Siddiqui, N. (2021). Mathematical intuition: Impact on non-math major undergraduates. Bolema - Mathematics Education Bulletin, 35(70). https://doi.org/10.1590/1980-4415v35n70a09
Sumarna, N., Wahyudin, & Herman, T. (2017). The Increase of Critical Thinking Skills through Mathematical Investigation Approach. Journal of Physics: Conference Series, 812(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/812/1/012067