Eksplorasi situasi didaktis materi geometri berbantuan video interaktif H5P melalui pendekatan humanistik

Main Article Content

Arif Abdul Haqq
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Abstrak


Seiring meningkatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menuntut guru matematika untuk dapat berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran berbantuan media digital.  Video interaktif matematika merupakan alat untuk merepresentasikan bahan ajar matematika berbantuan media digital. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi fenomena didaktis dan pedagogis dalam merumuskan suatu alternatif desain pembelajaran Geometri berbantuan video interaktif H5P dengan pendekatan humanistik. Pada proses pembelajarannya, tidak hanya berkaitan dengan pandangan pengajaran matematika yang mungkin dari dan hubungannya dengan logika saja, tetapi juga berkaitan dengan dorongan pengajaran matematika yang diasosiasikan dengan pikiran dan emosi terdalam manusia. Geometri yang dimaksud dalam penelitian ini adalah bangun ruang sisi datar (BRSD). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tipe Didactical Design Research karena informasi terkait video interaktif H5P dalam pembelajaran matematika masih terbatas. Desain pembelajaran yang dirumuskan ditinjau dari berbagai sudut pandang, diantaranya lintasan belajar, hambatan belajar, dan teori situasi didaktis. Hasil penelitian ini berupa lintasan belajar beserta hambatannya sebagai dasar untuk mengeksplorasi situasi didaktis pembelajaran geometri berbantuan video interaktif H5P melalui pendekatan humanistik. Situasi didaktis dikembangkan dengan tahapan aksi, formulasi, dan validasi sesuai dengan kerangka teori situasi didaktis dan pendekatan humanistik. Namun terdapat beberapa hal yang perlu mendapat atensi lebih lanjut berkaitan dengan bentuk scaffolding, penggunaan kosakata dalam membahas konsep dan konteks.

Article Details

How to Cite
Haqq, A., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Eksplorasi situasi didaktis materi geometri berbantuan video interaktif H5P melalui pendekatan humanistik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 128-139. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54350
Section
Articles

References

Agus, N. A. (2007). Mudah Belajar Matematika 2: untuk kelas viii Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Amali, L. N., Kadir, N. T., & Latief, M. (2019). Development of e-learning content with H5P and iSpring features. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012019
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika Kelas VIII SMP/MTs Semester 2 (Cetakan ke). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Ayuwanti, I., Marsigit, M., & Siswoyo, D. (2021). Teacher-student interaction in mathematics learning. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(2), 660. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21184
Baiduri. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Humanistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. In N. Balacheff, M. Cooper, R. Sutherland, & V. Warfield (Eds.), Theory of Didactical Situations in Mathematics (Vol. 19). Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47211-2
Cherif, A. H., Gialamas, S., & Stamati, A. (2017). Developing Mathematical Knowledge and Skills through the Awareness Approach of Teaching and Learning. Journal of Education and Practice, 8(13).
Clements, D. H., & Sarama, J. (2004). Learning Trajectories in Mathematics Education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 81–89. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_1
Denzin, N.K, & Lincoln, Y. S. (2005). The SAGE Handbook of Qualitative Research. Sage, January 2007.
Galeshi, R., & Taimoory, H. R. (2019). Online education: Influencing teachers’ perception of professionalism. International Journal of Online Pedagogy and Course Design, 9(4). https://doi.org/10.4018/IJOPCD.2019100101
Haglund, R. (2004). Using Humanistic Content and Teaching Methods to Motivate Students and Counteract Negative Perceptions of Mathematics. Humanistic Mathematics Network Journal, 1(27). https://doi.org/10.5642/hmnj.200401.27.04
Haqq, A. A. (2020). PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS GEOMETRI BERBANTUAN PERANGKAT LUNAK CABRI3D PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 49. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2215
Indariani, A., Amami Pramuditya, S., & Firmasari, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3670
Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UMS, 3.
Nugraheni, N., Rochmad, & Isnarto. (2021). Aliran Humanis dalam Filsafat Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 393–396. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Nuharini, D., & Wahyuni, T. (2008). Matematika Konsep dan Aplikasinya: untuk SMP/MTs Kelas VIII (Indratno (ed.)). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919
Rahaju, E. B., Sulaiman, R., S, T. Y. E., Budianto, M. T., Kusrini, Maesuri, S., Masriyah, & Ismail. (2008). Contextual Teaching and Learning Matematika Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sulistyowati, F., Budiyono, & Slamet, I. (2017). The didactic situation in geometry learning based on analysis of learning obstacles and learning trajectory. AIP Conference Proceedings, 1913, 020023. https://doi.org/10.1063/1.5016657
Suryadi, D. (2019). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). In Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR).
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Turmudi. (2010). Pembelajaran Matematika Kini dan Kecenderungan Masa Mendatang. In Matematika sekolah kini dan masa mendatang (p. 28).