Nilai-Nilai Matematika dalam Perspektif Filsafat Humanisme sebagai Pembentuk Kepribadian

Main Article Content

Hendri Handoko
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Abstrak


Inti sari rumusan pendidikan nasional adalah membentuk watak peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta potensi-pontensi lain yang dimilikinya. Pendidikan tidak hanya ingin berorientasi pada aspek perkembangan kognitif, lebih dari itu pendidikan diharapkan mampu membentuk pribadi manusia yang seutuhnya. Karenanya, pendidikan harus didesain dalam rangka “me-manusiakan manusia” yaitu memberikan ruang seluas-luasnya bagi pengembangan kemanusiaan sebagai makhluk pribadi atau sosial, ruang kebebasan serta ruang refleksi. Prinsip-prinsip tersebut adalah ruh bagi filsafat pendidikan humanisme. Dilihat dari perspektif humanistik pembelajaran matematika mempunyai nilai-nilai sebagai pembentuk kepribadian peserta didik hal tersebut dapat dianalisa dari cara mengajar guru, karakteristik matematika ataupun cara penyelesaian permasalahan matematika. Integrasi nilai matematika dengan prinsip filsafat humanisme mampu membawa iklim pembelajaran yang akan melahirkan peserta didik yang unggul. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji nilai-nilai matematika dalam perspektif filsafat humanisme sebagai pembentuk kepribadian peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur melalui pengumpulan data pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai matematika mampu membentuk pola pikir yang logis sebagai faktor fundamental pembentuk kepribadian.

Article Details

How to Cite
Handoko, H., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Nilai-Nilai Matematika dalam Perspektif Filsafat Humanisme sebagai Pembentuk Kepribadian. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 140-144. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54351
Section
Articles

References

Alonso-Sainz, T., & Gil Cantero, F. (2019). The role of philosophy of education in initial teacher education. Utopia y Praxis Latinoamericana, 24(87). https://doi.org/10.5281/zenodo.3463727
Devlin, K. (2021). Teaching mathematics as a way of thinking – not calculating. Eesti Haridusteaduste Ajakiri. Estonian Journal of Education, 9(1). https://doi.org/10.12697/eha.2021.9.1.02b
Ernest, paul. (1991). The Philosophy of Mathematics Education (2004th ed.). Taylor & Francis e-Library.
Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711
Kintoko, Rochmad, I. (2021). Matematika, nilai-nilai dan kesempatan yang sama. 4, 256–261.
Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322
Matlin, M. (2013). Cognition 8th Ed. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Murphy, S., Kraye, J., & Stone, M. W. E. (2002). Humanism and Early Modern Philosophy. Sixteenth Century Journal, 33(4). https://doi.org/10.2307/4144202
Peters, M. A., Neilson, D., & Jackson, L. (2020). Post-marxism, humanism and (post)structuralism: Educational philosophy and theory. In Educational Philosophy and Theory. https://doi.org/10.1080/00131857.2020.1824783
Rahman, M. (2017a). Pemikiran Pendidikan Humanistik dalam Islam. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 13(2), 111. https://doi.org/10.47466/hikmah.v13i2.155
Rahman, M. (2017b). Pemikiran Pendidikan Humanistik dalam Islam. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 13(2). https://doi.org/10.47466/hikmah.v13i2.155
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. In CV. Alfabeta. CV. Alfabeta.
Susilo, F. (2004). Matematika Humanistik. Basis.
Tarigan, R. (2021). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Sepren, 2(2), 17–22. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508
Tesar, M., Hytten, K., Hoskins, T. K., Rosiek, J., Jackson, A. Y., Hand, M., Roberts, P., Opiniano, G. A., Matapo, J., St. Pierre, E. A., Azada-Palacios, R., Kuby, C. R., Jones, A., Mazzei, L. A., Maruyama, Y., O’Donnell, A., Dixon-Román, E., Chengbing, W., Huang, Z., … Jackson, L. (2021). Philosophy of education in a new key: Future of philosophy of education. Educational Philosophy and Theory. https://doi.org/10.1080/00131857.2021.1946792
Toheri, D., Winarso, W., & Abdul Haqq, A. (2019). Three Parts of 21 Century Skills: Creative, Critical, and Communication Mathematics through Academic-constructive Controversy. Universal Journal of Educational Research, 7(11), 2314–2329. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071109
Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725