Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Baileo di Maluku Tengah

Main Article Content

Ni Made Ayu Dewi Murtiani
Cornelia Anggi Kartika Dewi

Abstract

Rumah adat Baileo adalah salah satu rumah adat di Maluku. Rumah adat Baileo digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti kegiatan tari-tarian adat dan upacara adat khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek matematis yang terdapat pada rumah adat Baileo. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dan menggunakan pendekatan 6 aktivitas fundamental menurut Bishop yaitu counting (menghitung atau membilang), measuring (mengukur), locating (menempatkan), designing (mendesain), playing, (bermain), dan explaining (menjelaskan). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan terdapat aspek fundamental matematis pada rumah adat Baileo di Maluku, seperti pengukuran anak tangga dan tiang, bentuk geometris pada motif hias yang diukir di dinding, dan perbandingan pada bentuk atap.

Article Details

How to Cite
Murtiani, N., & Dewi, C. (2022). Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Baileo di Maluku Tengah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 327-334. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54520
Section
Articles

References

Agus Wahyudi, & Syahlani, R. A. dah. (2018). Beda Tapi Sama: Harmoni dalam Keberagaman. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan- Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Avelia, L. T., Nugraheni, F. A., & Palma, D. I. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis Lampung Motif Pucuk Rebung. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 373–382. https://conference.unikal.ac.id/index.php/sandika/sandika1/paper/view/430
Dwi, A., & Gurning, E. T. (n.d.). Maluku Manise.
Dwiyana, F. R. (2017). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Kecerdasan Majemuk Ditinjau dari Keyakinan Siswa terhadap Matematika dan Prestasi Belajar Siswa SMP Kelas VII. In Universitas Negeri Yogyakarta.
Fuadiah, N. F. (2016). Miskonsepsi Sebagai Hambatan Belajar Siswa Dalam Memahami Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP, 7(2), 87–92.
Kadir, & Masi, L. (2014). Penggunaan Konteks dan Pengetahuan Awal Matematika dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Using Context and Mathematical Prior Knowledge in Learning Students ’ Creativity Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 52–66. https://media.neliti.com/media/publications/317543-penggunaan-konteks-dan-pengetahuan-awal-abacf100.pdf
Kurnia, T. (2019). Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Membaca, Sains, dan Matematika. Liputan 6. https://www.liputan6.com/global/read/4126480/skor-terbaru-pisa-indonesia-merosot-di-bidang-membaca-sains-dan-matematika
Lucas Wattimena. (2009). Rumah Adat “Baileo”: Interpretasi Budaya di Negeri Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon. Kapata Arkeologi, 5(8), 23–34.
Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2709
Mirzaqon, A. T., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 8(1), 1–8.
Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1C), 629–663.
Nanga, M. Y., & Suwarsono. (2019). Eksplorasi Aspek Etnomatematika pada Rumah Adat Kampung Sawu Nusa Tenggara Timur. Prosiding Sendika, 5(1), 23–30. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/618
Noviana, E. (2011). Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Strategi Pembelajaran Sortir Kartu. In Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pratiwi, A. (2021). Berapa Jarak Antar Anak Tangga yang Ideal? Berikut Penjelasannya. Kompas. https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/02/140500176/berapa-jarak-antar-anak-tangga-yang-ideal-berikut-penjelasannya
Purbaningrum, M., Cahyani, C. M., Bilad, D. I., Wulandari, E. A., Dewi, D. L., Afifah, N., Rahmasari, I. A., Chofifah, N., Lestari, R. T., Arliani, S. P., Aufa, N. I., Aprilio, F. A., Sav, N., & Kusuma, R. A. (2021). Etnomatematika Beberapa Sistem Budaya di Indonesia. Zifatama Jawara.
Rudhito, M. A. (2020). FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA ABAD KE-21. In Deepublish.
Salhuteru, M. (2015). Rumah Adat Baileo di Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah. Kapata Arkeologi, 11(1), 11–20. https://doi.org/10.24832/kapata.v11i1.278
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Yuningsih, N., Nursuprianah, I., & Manfaat, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Rancang Bangun Rumah Adat Lengkong. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.19517