Kajian Etnomatematika pada Konstruksi Rumah Suku Muna dari Sulawesi Tenggara

Main Article Content

Cyrilla Amelinda Ristya Wardhani
Fransisca Putri Permatasari
Nailatul Dwiasmaraditya

Abstract

Indonesia memiliki beragam budaya. Warisan budaya yang terdapat di setiap suku di Indonesia memiliki beberapa aspek yang dapat dikaitkan dengan ilmu pengetahuan, khususnya matematika. Dalam hal ini, keterkaitan antara budaya dengan matematika disebut dengan istilah etnomatematika. Contoh penerapan etnomatematika terletak pada budaya rumah adat, salah satunya adalah rumah adat Suku Muna yang berasal dari provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengkajian mengenai aspek-aspek matematis terhadap rumah adat Suku Muna dari segi etnomatematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan prosedur pengumpulan data melalui studi pustaka. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek matematis pada konstruksi bangunan rumah adat suku Muna. Aspek matematis tersebut antara lain terletak pada proses pembangunan rumah yang melibatkan aktivitas fundamental matematika, serta representasi matematis secara geometri, seperti persegi panjang, segitiga, trapesium, prisma segitiga, dan balok pada tata letak ruangan serta bagian-bagian dari rumah adat. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi penelitian dan pengetahuan mengenai konstruksi rumah adat Suku Muna dari Sulawesi Tenggara

Article Details

How to Cite
Wardhani, C., Permatasari, F., & Dwiasmaraditya, N. (2022). Kajian Etnomatematika pada Konstruksi Rumah Suku Muna dari Sulawesi Tenggara. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 354-363. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54535
Section
Articles

References

[10.36, 6/2/2022] Adhelia: Berthyn Lakebo, Abd. Rachim G.BA., Haeba Syamsuddin, La Ode Ibu, & M. Arif L. (1986). Arsitektur Tradisional Daerah Sulawesi Tenggara. 181.
Dan, S., Couvreur, J., & Dan, S. (2001). Kerajaan Muna.
HALIM, H. (2011). Perkembangan Rumah Tradisional Muna. Unity: Jurnal Arsitektur, 1(2), 68–79.
Pramono, A. (2013). Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal ELTEK, 11(01), 1693–4024.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2006). Ethnomathematics : cultural assertions and challenges towards pedagogical action. The Journal of Mathematics and Culture, 1(1), 57–78.
Sachrul, R. (2004). ARSITEKTUR VERNAKULAR MUNA (Muna Vernacular Architecture). NALARs, 3, 60–77.
Sugiyono, D. R. (2005). Methode Untuk Penelitian. Alphabeta, Bandung.
Theresia, P., Dapa, N., & Suwarsono, S. (2019). Etnomatematika Pada Rumah Adat Bajawa, Kabupaten Ngada, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Prosiding Sendika, 5(1), 35.