Mengenalkan Konsep Sistem Persamaan Linier kepada Siswa Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Secara Teoritis)

Main Article Content

Razella Cici Putriatama
Rudi Santoso Yohanes

Abstract

Dalam makalah ini akan dibahas tentang konsep sistem persamaan linier, strategi mengenalkan konsep sistem persamaan linier kepada siswa SD dan menggali keuntungan mengenalkan konsep Sistem Persamaan Linier kepada siswa SD. Bruner mengatakan bahwa mengenalkan materi matematika kepada anak lebih awal bukan merupakan masalah, asalkan cara penyampaiannya sesuai dengan taraf kemampuan berpikir anak. Cara yang dapat digunakan, misalnya menerka dan menguji kembali serta melakukan percobaan/peragaan. Pengenalan konsep sistem persamaan linier kepada siswa SD dapat dilakukan sehubungan dengan kebutuhan siswa SD untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linier, terutama bagi siswa yang mengikuti kompetisi matematika nasional. Mempelajari konsep matematika lebih awal, juga membawa keuntungan bagi siswa, yaitu: siswa telah memiliki bekal pengetahuan tentang konsep sistem persamaan linier untuk dipelajari lebih lanjut pada jenjang SMP nantinya, selain itu dengan strategi yang tepat dalam pembelajaran, siswa dilatih mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan bernalar.

Article Details

How to Cite
Putriatama, R., & Yohanes, R. (2022). Mengenalkan Konsep Sistem Persamaan Linier kepada Siswa Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Secara Teoritis). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 371-378. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54539
Section
Articles

References

[10.51, 6/2/2022] Adhelia: Bernard, M., & Rohaeti, E. E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Disposisi Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Game Adobe Flash Cs 4.0 (Ctl-Gaf). Edusentris, 3(1), 85. https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i1.208
Dasar, A. K., & Pengalaman, D. A. N. (n.d.). Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear.
Hartina, S., Rika, B., & Febrilia, A. (2021). Kajian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menurut Departemen Pendidikan Nasional ( Depdiknas ), tujuan adanya. 9(1), 43–57.
Hidayati, Anisatul., dan Suryo Widodo. 2015. “Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa Di SMA Negeri 5 Kediri”. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol. 1 No. 2, 131-143.
Hutama, P. W. (2014). Kajian Strategi Siswa Dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 149.
Polya, G. (1975). How to solve it, New York: Double Day and Co., Inc.
Sheffield, L. J. dan Cruikshank, D. E. 1996.Teaching and Learning; Elementary and Middle School. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Sheffield,L.J. danCruikshank,D.E.1996. Mengajar dan Belajar ; Dasar dan Tengah Sekolah .
New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Sistem Persamaan Linear - Dua & Tiga Variabel, Contoh Soal. (n.d.). Retrieved October 10, 2021, from https://www.studiobelajar.com/sistem-persamaan-linear/
Strategi Menerka dan Menguji Kembali - Matematika Ku Bisa. (n.d.). Retrieved October 9, 2021, from https://www.matematikakubisa.biz.id/2015/02/menerka-dan-menguji-kembali.html
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (p. 51). Bandung: JICA.
Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 358–369.
Utama, H. T. (2013). Sistem Persamaan Linear Statistika. 106.