Etnomatematika pada Rumah Adat Panggung Kranggan Bekasi

Main Article Content

Leonardo Amaris Liaupati
Bernadetha Nathalia Fitra Soverenty
Melania Intan Nanda Kusuma

Abstract

Mengaitkan pembelajaran matematika dengan masalah kontekstual membuat pembelajaran matematika lebih bermakna. Salah satu cara yang dapat diterapkan adalah mengaitkan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Rumah adat adalah salah satu objek kajian etnomatematika. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan filosofi dan mengaitkan bagian-bagian rumah adat panggung Kranggan dengan aspek matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bagian-bagian rumah adat pangung Kranggan yang dideskripsikan dalam penelitian ini antara lain atap rumah, jari-jari pada jendela, kerangka panggung, umpak, serta ukiran pada jendela dan pintu. Konsep dan prinsip matematika yang ditemukan adalah prisma segitiga, balok, limas terpancung, trapesium, koordinat kartesius dimensi tiga, bidang pada dimensi tiga, jarak dua garis sejajar, himpunan, dan refleksi pada transformasi geometri.

Article Details

How to Cite
Liaupati, L., Soverenty, B., & Kusuma, M. (2022). Etnomatematika pada Rumah Adat Panggung Kranggan Bekasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 406-413. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54545
Section
Articles

References

Damanik, R. U. F., Pasaribu, R. H., Syahpura, D. A., Putra, B. A., Harahap, Z. I., & Surya, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 23 Medan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 1(22), 567–575. http://bulletin.indoms-acehsumut.org/index.php/simantap/article/view/259
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.)). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. 1(1).
Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis dan Rumah Adat Lampung. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1956
Muanas, D. (1988). Arsitektur Tradisional Daerah Jawa Barat (R. Abu (ed.)). CV. PIALAMAS PERMAI.
Prakasa, D. A. (2021). Pelestarian Rumah Tradisional Sunda (Studi Tentang Makna Rumah Panggung Kranggan, Kota Bekasi) [Universitas Negeri Jakarta]. http://repository.unj.ac.id/13289/
Rahmat, R. (2021). Imah Panggung Kranggan Jelajah Arsitektur Nusantara Pekan Kebudayaan Nasional. https://youtu.be/ZDiWJpXQLuM
Sulatri, T. (2019). Eksistensi Nilai-nilai Kearifan Lokal Tradisi Mendeman Rumah Panggung dan Peran Elite Dalam Mempertahankan di Tengah Arus Modernisasi (Studi Deskriptif Analitis pada Komunitas Kranggan Bekasi) [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/48513/
Wahyudi, A., & Pratiwi, C. W. (2012). Upaya Perancangan Bangunan Tradisional Sunda Sebagai Pendekatan Kearifan Lokal, Ramah Lingkungan dan Hemat.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: In Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik (Issue 1).
Yuniarti, Y. (2013). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus UPI Cibiru, 5(1).
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (1st ed.). Kencana.