Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Joglo Sinom Limas

Main Article Content

Fx Puspa Kristiarini Susanto
Dwi Rahmawati Heryanto
Deodatus Aryan Umbu Rautac

Abstract

Budaya dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dalam mata pelajaran matematika untuk memberi contoh aktual agar dapat membantu dalam penanaman konsep matematika pada peserta didik. Budaya memiliki kaitan dengan matematika yang dapat dijembatani oleh Etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji Rumah Adat Joglo Sinom Limas dan mengeksplorasi konsep matematika yang ada di dalamnya. Dalam mengkaji rumah adat tersebut kami menggunakan metode penelitian kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada arsitektur bangunan rumah adat joglo sinom limas terdapat unsur geometri yaitu titik, garis, ruang, transformasi geometri, simetris, bangun datar, bangun ruang, kesebangunan serta kekongruenan baik pada struktur atap, tiang dan juga furnitur di dalamnya.

Article Details

How to Cite
Susanto, F. P., Heryanto, D., & Rautac, D. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Joglo Sinom Limas. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 483-491. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54568
Section
Articles

References

Abdullah, A. A. (2020). Etnomatematika; Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Ragam Hias Cagar
Budaya Khas Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2),
131. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3107
Fitriaten, Sri Rahmawati. (2016). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. In Seminar Nasional
Pendidikan Matematika Ikatan Alumni S3 Pendidikan Matematika Universitas Negeri
Surabaya(Vol. 2016)
Okta Marinka, D., Febriani, P., & nyoman Wirne, I. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam
Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. In Jurnal Pendidikan Matematika
Raflesia (Vol. 03, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Media Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP MATARAM EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA
RUMAH ADAT JOGLO TULUNGAGUNG. Juni, 7(1). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm
Supriatna Apit., Nurcahyo, N. A. (2017). Etnomatematika: Pembelajaran Matematika Berdasarkan
Tahapan-Tahapan Kegiatan Bercocok Tanam. In Seminar Nasional Matematika 2017.
4. ETNOMATEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPANTAHAPAN KEGIATAN BERCOCOK TANAM.pdf (ummi.ac.id)
Yuningsih, N., Nursuprianah, I., Manfaat, B., Syekh, I., & Cirebon, N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika
pada Rancang Bangun Rumah Adat Lengkong. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1),
1–13.