Kajian Teori : Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Prepospec Berbantuan TIK
Main Article Content
Abstract
Pada saat munculnya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pendidikan mengalami berbagai permasalahan, pendidikan mempunyai peran yang krusial dalam tahap pembelajaran. Kemahiran representasi siswa termasuk dalam kemahiran matematis yang wajib dipunyai oleh peserta didik. Kemahiran representasi sangat penting dalam memahami konsep matematika serta menyelesaikan persoalan berupa visual, simbol,dan verbal. Tidak hanya itu kondisi siswa dalam kemampuan kemandirian belajar siswa juga menurun, dikarenakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaransiswa tidak sepenuhnya aktif dan dilibatkan dalam pelatihan kemandirian peserta didik, sumber belajar serta pemanfaatan teknologi digital yang kurang maksimal. Berdasarkan kasus tersebut dapat memberi dampak pada hasil belajar peserta didik, sebagai tenaga pendidik dapat menentukan sebuah inovasi pembelajaran matematika yaitu model pembelajaran. Pembelajaran preprospec dibantu TIK berbasis kontruktivitasme yang mempunyai lima prosedur pembelajaran yang meliputi prepare, problem solving, presentation, evaluation, conclusion yang semua prosedur memakai bantuan TIK. Maka berdasarkan hal tersebut, tujuan yang harus dicapai dalam penelitian ini meliputi (1) menganalisis dan mengetahui kualitas pembelajaran model preprospec berbantuan TIK pada pencapaian kemampuan representasi matematis siswa. (2) Untuk menemukan pola kemampuan representasi matematis siswa SMP ditinjau dari kemandirian belajar pada pembelajaran Preprospec berbantuan TIK.
Article Details
References
Dewi, N.R. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Klaten : Penerbit Lakeisha.
Farhan, E., & Umbara, U. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Representasi Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 1–10. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.3949
Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metodik Didaktik, 10(2), 27–36. https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3180
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9
Kusuma, Mujib, Syahputra, A. (2020). Perangkat, Pengembangan Kooperatif, Pembelajaran Think, Tipe Write, Talk Meningkatkan, Untuk Siswa, Representasi Matematis Kusuma, Nita Mujib, Abdul Syahputra, Edi Ariswoyo, Suwarno Kooperatif, Pembelajaran Think, Tipe Write, Talk Matematis, Representasi. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39–45.
Kana Hidayati dan Endang Listyani. (2009). Improving Instruments of Students’Self-Regulated Learning. Jurnal Penelitian. Yogyakarta: FMIPA.UNY.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teacher of Mathematics.
Rizki, N. M. (2021). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA. 8(2), 139–147.
Rohaeti, E., Suwardi, & Ikhsan, J. (2013). Improving students’ achievement and learning independence through reciprocal teaching approach and cooperative learning. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 116–124.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49
Suciati, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar: Penerbit Rasibook.
Supriani, Y. (2016). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1, 210–220.
Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Tangerang Selatan. Skripsi, 107.
Wijoyo, H. (2021). Monograf Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Kemandirian Belajar: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.