Pelabelan Harmonis pada Graf Hati Bolak-balik (Hn)

Main Article Content

Ida Indah Sari
Kurniawan Atmadja

Abstract

Graf , atau bisa ditulis , terdiri dari dua himpunan yang berhingga, yaitu himpunan simpul tak kosong V, dan himpunan sisi . Bila jumlah simpul dinotasikan sebagai , dan bila jumlah sisi dinotasikan  .  adalah salah satu syarat pelabelan harmonis. Pelabelan harmonisadalah fungsi injektif , yang menginduksi fungsi pelabelan sisi , dimana saat sisi (x,y) dilabel   menghasilkan label sisi berbeda. Pada makalah ini, dibahas proses konstruksi pelabelan harmonis pada graf  hati bolak-balik , dimana , dan Dengan bentuk konstruksi dari graf , lalu diberilabel dari setiap simpul dan sisi,sedemikian sehinggahimpunan simpul dari  adalah , dan himpunan sisi adalah E . Dinamakan graf hati bolak-balik karena bentuk dari hasil temuan konstruksinya hampir serupa dengan bentuk hati yang berbolak-balik.Ditunjukan pada makalah ini bahwa graf hati bolak-balik merupakan graf harmonis. Tujuan dari penulisan ini adalah menambah koleksi graf harmonis.

Article Details

How to Cite
Sari, I., & Atmadja, K. (2022). Pelabelan Harmonis pada Graf Hati Bolak-balik (Hn). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 845-849. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54594
Section
Articles

References

Atmadja, K., Sugeng, K. A., Yuniarko, T. (2014). Pelabelan Harmonis Pada Graf Tangga Segitiga, Prosiding Konferensi Nasional Matematika XVII. ITS. Surabaya. 1435-1439.
Atmadja,K., Sugeng,K.A. (2017). Pelabelan Harmonis Pada Graf Tangga Segitiga Variasi, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Departemen Matematika FMIPA UI.642-647.
Atmadja, K., Marhaeni. (2020). Pelabelan Harmonis Pada Graf Tangga Segitiga Jembatan XJn. PRISMA 3,Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Negeri Semarang. Semarang. 25-28.
Atmadja, K. (2020). Pelabelan Harmonis Pada Graf Tangga Segi Empat Variasi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajaran (SNMP).Universitas Negeri Malang. Malang. 320-324.
Graham, R. L., Sloan, N. J. (1980). On Additive Bases and Harmonius Graphs. SIAM.J.Alg. Discrete Math. (Vol 1, No 3, 382-404).