Peran Aktif Guru Pelajaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Problem Solving pada Siswa SMA
Main Article Content
Abstract
Tujuannya: (1) Menganalisis peran aktif guru SMA dalam meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa. (2) Memperoleh hasil analisis tahapan scaffolding matematis guru SMA. Metode: Menggunakan pendekatan kualitatif. Artikel ini disusun melalui kerja sama dengan guru matematika SMA di Ungaran. Subjek penelitian ini adalah guru-guru matematika SMA di Ungaran. Analisis datanya: Reduksi Data, paparan data, interpretasi data, dan kesimpulan. Data diperoleh dari observasi, wawancara dengan subjek penelitian, FGD, dan triangulasi. Hasilnya: (1) Guru perlu memiliki peran aktif dalam meningkatkan kemampuannya diri agar mampu membuat soal-soal yang bersifat Problem Solving. (2) Guru SMA perlu berperan aktif dalam melatih dan mendampingi siswanya dengan tahapan scaffolding yang tepat agar siswa terampil mengerjakan soal yang bersifat Problem Solving. Kesimpulannya: Soal yang bersifat Problem Solving perlu disiapkan oleh guru sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa. Kemampuan Problem Solving siswa dapat meningkat dengan bantuan tahapan scaffolding yang tepat dari guru dan terencana. Guru perlu memiliki peran aktif dalam melatih siswanya agar mampu memecahkan soal-soal yang bersifat Problem Solving.
Article Details
References
Aka E.Ġ, Güven E, & Aydoğdu M. (2010). Effect of Problem Solving Method on Science Process Skills and Academic Achievement. Journal of Turkish Science Education, 7(4).
Atteh et al. (2017). Problem Solving Framework for Mathematics Discipline. Asian Research Journal of Mathematics, 4(4), 1-11.
Aydoğdu, M. Z. & Keşan, C. (2014). Students’ Problem Solving Strategies in Problem Solving-Mathematics Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(1), 4119-4123.
Creswell, J.W. (2014). Research Design – Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Fourth Edition. Los Angeles: Sage Publications. Inc.
Evans, B R. (2012). Problem Solving Abilities and Perceptions in Alternative Certification Mathematics Teachers. Northeastern Educational Research Association (NERA) Conference Proceedings. http://digitalcommons. uconn.edu/nera_2012/1.
Huda, W, Suyitno, H, & Wiyanto. (2017). Analysis of Mathematical Problem Solving Abilities in Terms of Students' Motivation and Learning Styles. Journal of Primary Education, 6(3), 209-217.
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Memnun, D. S., & Coban, M. 2015. Mathematical Problem Solving: Variables that Affect Problem Solving Success. International Research in Education, 3(2). [Available at www.macrothink.org/journal/index.php/ire/article/download/7582/6571]
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Available at www.nctm.org.
Pujiastuti, E, (2020). Kemampuan Spasial dan Koneksi Matematis Mahasiswa untuk Penelusuran Proses Pemecahan Masalah dalam Integral Rangkap. Disertasi. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
Sanjaya, A., Johar, R., Ikhsan, M., & Khairi, L. (2018). Students’ thinking process in solving mathematical problems based on the levels of mathematical ability. Journal of Physics: Conf. Series 1088 (2018) 012116, 1-6.
Satchakett, N & Sitthipon. (2014). Development of Heuristics Problem Solving, and Learning Achievement of Grade 9 Students by Using Learning Management Focusing on Heuristics Approach in Thailand. Procedia Social and Behavioral Sciences 116 (2014) 1011-1015: Elsevier
Yuwono, A. (2016). Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Zaini, H. 2002. Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development).