Studi Literatur: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Hybrid Learning Ditinjau dari Gender dengan Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK

Main Article Content

Siti Rahmawati
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Pemerintah terkait telah mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dapat dilaksanakan pada sekolah-sekolah di wilayah PPKM level 1-3. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan salah satunya sistem pembelajaran. Sistem pembelajaran Hybrid Learning adalah sistem pembelajaran yang tepat digunakan dalam situasi saat ini. Sehingga, diperlukan juga pembaharuan pada model pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Dalam pembelajaran matematika, salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan koneksi matematis. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa tergolong rendah. Faktor yang dapat menyebabkan rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa beragam. Kemampuan koneksi matematis siswa juga dapat berkaitan dengan gender. Hasil kajian ini diperoleh bahwa siswa laki-laki memiliki kemampuan koneksi matematis lebih tinggi dari siswa perempuan.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, S., & (Nino Adhi), N. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Hybrid Learning Ditinjau dari Gender dengan Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 423-430. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54619
Section
Articles

References

Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 161–178.
Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J. E., Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59.
Amalia, R. I., & Sudarwanto, T. (2021). Pengembangan Media Booklet Berbasis Hybrid Learning Pada Mata Pembelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menganalisis Pasar Kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Negeri 10 Surabaya. 10(1), 1564–1572.
Amir, A. (2016). Jurnal eksakta volume 2 nomor 1, 2016. 2(2008), 34–40.
Amsari, D. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52–60.
Apipah, S., & AL-Hikmah Karang Asem, M. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment Info Artikel. Ujmer, 6(2), 148–156.
Apriyono, F. (2018). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 159–168.
Asyrofi, M., Junaedi, I., & Artikel, I. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Multiple Intellingence Pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32–39.
Diah, V. e. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Daring Berbantuan Whatsapp Selama Masa Pandemi Covid-19. Koordinat, 1-18.
Dewi, N. R. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Klaten: Lakeisha.
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187.
Firmanti, P. (2017). Penalaran Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pembelajaran Matematika. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 1(2), 73–85.
Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2016). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika Ii Di Prodi Manajemen Fpeb Upi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).
Ismail, R. N., Mudjiran, & Neviyarni. (2019). Membangun karakter melalui Implementasi Teori Belajar behavioristik pembelajaran matematika berbasis kecakapan abad 21. Menara Ilmu, XIII(11), 76–88.
Kurniawan, A. Y., Kartono, & Santoso. (2018). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Melalui Model PBL Berbasis Konstruktivistik Materi SPLDV Kelas X. Jurnal Pendidikan, 1, 847–852.
Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.
Muhibin, M., & Hidayatullah, M. A. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai Di SMA Sains Qur`An Yogyakata. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 113.
Musriliani, C., & Anshari, B. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 49–58.
MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.
Prasetia, I., Akrim, A., & Emilda, S. (2020). MODEL SEKOLAH BERBASIS KOMPETENSI EFEKTIF. Jurnal Tarbiyah, 27 (1), 12–32.
Purwasih, R., & Lianawati, I. (2018). Analysis Ability of Mathematical Connection of Smp. Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 14–24.
Rachmani, N. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Calon Guru pada Brain-Based Learning Berbantuan Web. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 204–214.
Rifai, A. & Anni, C. T. (2018). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Santoso, E., & Dwi, M. (2021). Teori Behaviour ( E . Throndike ) dalam Pembelajaran Matematika. Prisma, 4, 174–178.
Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).
Sudirman, Cahyono, E., & Kadir. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berfikir Matematika, 3(2), 11–22.
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88.
Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri No. 03/KB/2021 tentang penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
Suryana, A., & Wulandari, A. (2021). Preprospec Berbasis Daring : Alternatif Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Literasi Matematis. Proceeding Seminar Nasional Sains, 2(1), 133–141.
Suswandari, M. (2021). Peran Guru Menstimulus Respon Siswa Melalui Teori Belajar Behavioristik Teacher’S Role Stimulates Students’ Response Through Behavioristic Learning Theory. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Avaliable, 1(1), 47–55.
Umanza, J. N. (2021). Analisis Faktor Gender dalam Pembelajaran Matematika di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto Kabupaten Banyumas. Diunduh dari: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum dalam Perspektif Teori Pembelajaran. Researchgate, 1(1), 59–72.