Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bernuansa STEAM Berbasis Outdoor Learning dengan Model PBL untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa

Main Article Content

Putri Yuyun Utami
Amidi Amidi

Abstract

Matematika merupakan cabang ilmu yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia serta pengembangan sains dan teknologi. Kemampuan dan keterampilan menggunakan matematika penting untuk dikuasai guna menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata. Kemampuan koneksi matematis menjadi salah satu kemampuan strategis yang dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran, guru perlu memperhatikan penggunaan model dan strategi. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis adalah Problem Based Learning dan strategi pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan adalah outdoor learning. Selain itu, pembelajaran dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics juga dapat membantu siswa menghadapi tantangan di era industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian konseptual yang bertujuan untuk mengetahui pentingnya penggunaan strategi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah  kualitatif deskriptif dengan studi literatur yang menjelaskan pengembangan bahan ajar. Pada penelitian ini, penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel dan jurnal yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa adanya pengembangan bahan ajar berbasis outdoor learning dengan model Problem Based Learning bernuansa Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

Article Details

How to Cite
Utami, P., & Amidi, A. (2022). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bernuansa STEAM Berbasis Outdoor Learning dengan Model PBL untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 551-558. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54690
Section
Articles

References

Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K., & Walker, D. (2018). Introduction to research in education. Cengage Learning.
Asmara, W., Haji, S., & Hanifah, H. (2018). Penggunaan Bahan ajar outdoor learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(2), 128. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.498
Depdiknas. (2007). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Hindun, S., & Rosefendi, E. T. (2018). Apakah teori perkembangan kognitif piaget berlaku di indonesia? 03, 99–103.
Kang, N.-H. (2019). A review of the effect of integrated STEM or STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics) education in South Korea. Asia-Pacific Science Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s41029-019-0034-y
Kemendikbud, (2014). Peraturan Bersama No 5496/C/KR/2014 Dan No 7915/D/KP/2014 Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Direktur Jendral Pendidikan Menengah. Jakarta: kemendikbud
Lumbantobing, S. S., & Azzahra, S. F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4 . 0 Melalui Penerapan Pendekatan Steam ( Science , Technology , Engineering , Arts and Mathematics ). Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 393–400. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Manungki, I., & Manahung, M. R. (2020). METODE OUTDOOR LEARNING DAN MINAT BELAJAR. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 1(2), 78-103.
Marika, D. O., Haji, S., & Herawaty, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pembelajaran Santifik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 153–163.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940
Rahmi, M., Usman, & Subianto, M. (2020). First-grade junior high school students’ mathematical connection ability. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012003
Rohmah, G. S., & Mahardika, N. G. (2018). Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Based. 1(4), 591–598.
Saleh, D., Camart, N., & Romo, L. (2017). Predictors of stress in college students. Frontiers in Psychology, 8(JAN). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00019
Sari, E. F., Nugraheni, N., & Kiptiyah, S. M. (2019). The implementation of blended learning based realistic mathematics education in mathematics teaching. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 353–361.
Zainudin, B., Taufik, A., & Wibowo, T. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Penyelesaian Masalah Spldv Pada Siswa Smp. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 1(1), 65–78. https://doi.org/10.37729/jipm.v1i1.5828
Nur, A., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2018). Improving the ability of mathematic connection and self-confidence’s student of junior high school through problem-based learning. (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING, 1(3), 307. https://doi.org/10.22460/jiml.v1i3.p307-311

Nugraha, A. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi. Suska Journal of Mathematics Education, 59 -64. doi:10.24014/sjme.v3i2.3897
OECD. (2021). OECD economic surveys: Indonesia 2021. OECD Publishing.
Supriyantoro, D., Sumbawati, M. S., & Sitompul, N. C. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan model problem based learning Berbasis outdoor learning. Jurnal Pijar Mipa, 14(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1136
Adliani, S., Asmin, A., & Hasratuddin, H. (2020). The influence of realistic mathematical approach to understanding concept and the mathematical connection ability of Islamic private vocational school students Hikmatul Fadhillah Medan class VII. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 487-499. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.844
Maisya, R., Hermita, N., Noviana, E., & Alpusari, M. (2020). Implementasi metode outdoor learning terhadap complex problem solving skills pada mata pelajaran ipa siswa kelas VA sdn 56 pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(1), 22. https://doi.org/10.31258/jta.v3i1.22-32
Muhammad Khoiruzzadi, T. P. (2021). Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky. Jurnal Madaniyah.
Widiasworo. (2016). Strategi & Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas.